Nusa Tenggara Timur: Tempat Wisata Sekelas Dunia yang Terlupakan

Nusa Tenggara Timur (NTT) adalah salah satu provinsi di Indonesia bagian tenggara yang memiliki ragam obyek wisata, sebut saja Danau Tiga Warna Kelimutu, Biawak Raksasa Komodo, Obyek Wisata Bahari, hingga Wisata Sejarah yang dapat menarik wisatawan domestik maupun mancanegara untuk berkunjung ke tempat tersebut.

NTT yang berpusat di kupang memiliki kenampakan alam yang luar biasa indah untuk disambangi. Potensi ini didukung oleh pemerintah setempat hingga menjadikannya sebagai salah satu disetinasi yang terkenal di dunia. Salah satu obyek wisata yang banyak dikunjungi oleh traveler dunia adalah Pulau Komodo. berbeda dengan kota jogja yang lebih mengandalkan keeksotisan wisata alam, meskipun ada beberapa tempat yang layak dijadika destinasi wisata budaya (baca: Wisata Jogja)Di pulau ini, komodo berkembang biak dengan baik bahkan mencapai angka ribuan, hal inilah memikat pemerintah hingga dijadikan sebagai destinasi wisata nasional (Taman Nasional Komodo).

Untuk mengunjungi tempat ini, anda dapat menempuhnya dengan menggunakan transportasi udara maupun laut. Anda tidak perlu khawatir, mengingat di NTT terdapat 1 bandara bertaraf internasional (El Tari Kupang) yang melayani penerbangan dari luar NTT, 13 bandara domestik yang menghubungkan antar kepulauan maupun antar kebupaten dan beberpa pelabuhan seperti Waingapu (Sumba), Kupang (Timor Barat), Larantuka (Flores Timur) , Lorosay (sikka,maumere). untuk transprtasi darat anda dapat menggunakan Bemo, Bis Damri, hingga Ojek Motor. 

Potensi alam yang terdapat di Nusa Tenggara Timur tidak kalah indahnya dengan provinsi lain, namun hal ini cenderung dilupakan oleh pemerintah setempat. Pulau Komodo dan Pantai merah adalah ikon Utama di tempat ini bahkan disebutkan tidak ada duanya di Indonesia. Pantai Merah/Pink Beach bahkan hanya ada tiga di Dunia.

Daftar Wisata Pantai Nusa Tenggara Timur

Pantai Mandorak (Sumba Barat Daya) - Sebuah pantai yang terleta dibalik tebing desa kalena Rongo Kodi Utara, Pemandangan air laut biru bening, batung karang tinggi, hingga pasir putih menyali menjadi daya tarik utama.


Wisata Pantai mandorak Nusa tenggara Timur

Pantai Ratenggaro (Sumba Barat Daya) - Pantai bernuansa sejarah, begitulah penyebutanya. memiliki tebing batu rendah, pasir putih hingga sisa kuburan batu megaliti, pantai ini berada di muara sungai tepatnya di kec. Kodi.


Wisata Pantai Nusa tenggara Timur

Pantai Tablolong (Kupang) - pantai berpasir putih yang dapat digunakan sebagai tempat olahraga layaknya voly pantai dan bermain bola, selain itu suasana sejuk pepohonan dipinggiran pantai menjadi keunikan pantai ini.


Wisata Pantai tablolong Nusa tenggara Timur

Pantai Lasiana (Kupang) - Pantai yang dikelola langsung pemerintahan setempat, akses yang mudah ke tempat tersebut memudahkan seseorang menikmati keindahan pantai ini. terdapat bangunan khas timur (lapo lapo) yang dapat dijadikan sebagai tempat beristrahat.

Pantai Kolbano (Timor Tengah Selatan) - Batu kerikil berwarna warni menjadi ciri khas pantai ini, selain batu kerikil yang memiliki banyak bentuk, dipinggiran pantai juga terdapat batu raksasa yang baik digunakan untuk berfoto-foto.

Pantai Labuan Bajo (Manggarai) adalah tempat terbaik untuk mendapatkan pemandangan indah, menikmati senja adalah dayi terik utama terlebih lagi dirasakan di bukit penginapan sekitar.

Pink Beach/Pantai Pink (Pulau Komodo) - mungkin inilah pantai terunik yang tidak didapati di Indonesia bagian lain, deburan pasir berwarna yang dihiasi dengan karang adalah keuinikan yang tidak ditemui di pantai lain.

Pantai Nihiwatu (sumba Barat) - Dapat dikatakan sebagai surganya bagi peselancar, sangat baik untuk menyalurkan hobi tersebut namun tidak semua kalangan bisa mengaksesnya karena di kelola oleh sebuah resort international.

Pantai Nembrala (Pulau Nembrala) - Banyak yang menyebutny sebagai kutanya Nusa Tenggara Timur, tempat ini memiliki pemandangan yang luar biasa indah dibumbui dengan kegiatan snortkeling, menyelam, berenang hingga berselancar.

Selain dari kesembilan pantai di atas anda juga dapat berkunjung ke beberapa wisata pantai berikut:
Pantai Paga (Maumere, Sikka), Pantai Tanjung Bastian (Timor Tengah Utara), Pantai Mbuu (Ende), Pantai Waijarang (Lembata), Pantai Koka (Sikka), Pantai Timor (Kupang), Pantai Neam (kupang), Pantai Liman (Kupang), Pantai Otan (Kupang), Pantai Onanbalu (Kupang), Pantai Uih Make (Kupang), Pantai Uitiuhtuan (Kupang), Pantai Bean (Lembata), Pantai Batu Putih (Kabupaten Alor), Pantai Watutena (Pulau Adonara)
Pantai Watuhari (Pulau Solor), Pantai Walakiri (Sumba), dll.

Daftar Wisata Air Terjun Nusa Tenggara Timur

Air Terjun Cunca Rami (Manggarai Barat) - Air terjun yang terabnyak dikunjungi oleh wisatawan mancanegara, selain keindahan yang ditawarkan oleh wisata ini, ia jug berdekatan dengan obyek wisata lain sepert pulau komodo.


wisata alam air terjun cunca rami nusa tenggara timur

Air Terjun Oehala (Timor Tengah Selatan) - Air terjun ysng menjadi wisata andalan kab. Timur Tengah Nusa Tenggara Timur, memiliki bentuk yang unik dihiasi dengan percikan air tujuh tingkat adalah pesona tersembunyi yang tidak diketahui beberpa wisatawan.


wisata alam air terjun oehala nusa tenggara timur

Air Terjun Oenesu (Kupang) adalah air terjun empat tingkat yang berada di kupang. Air yang bersal dari pepohon rindang menjadi daya tarik wisata ini, selain itu terdapat kolam alami untuk memanjakan pengunjung yang hobi akan berenang.

Selain ketiga Air terjun Populer di atas anda juga dapat memilih daftar berikut sebagai destinasi wisata selanjutnya:  Air Terjun Cunca Wulang (Manggarai Barat), Air Terjun Cunca Rede (Manggarai Timur), Air Terjun Kedebodu (Ende) Air Terjun Laindamukki (Sumba Timur), Air Terjun Lapopu (Sumba Tengah), Air Terjun Laputi (Sumba Timur), Air Terjun Matayangu (Sumba Tengah), Air Terjun (Moni), Air Terjun Murundao (Ende), Air Terjun Murusobe (Sikka), Air Terjun Pabeti Lakera (Sumba Barat Daya), Air Terjun Tesbatan (Timor Tengah Selatan), Air Terjun Wae Roa (Ngada), Air Terjun Waikelo Sawah (Sumba Barat Daya)

Daftar Wisata Pegunungan Nusa Tenggara Timur

Gunung Kelimutu - Kelimutu adalah salah satu Taman Nasional Indonesia, Ditempat ini terdapat danau kelimutu yang memiliki 3 warna berbeda.


wisata alam gunung kelimutu

Gunung MutisCagar Alam gunung mutis terletak di Mollo Utara, Kab. Timor Tengah Selatan. Gunung Mutis ini terkenal dengan batu marmer yang disebut Faut Kana.

Gunung Fatuleu - adalah gunung tertinggi di Kupang, berada tepa di poros tengah yang menghubungkan Kupang dan Timor Leste menjadikanya sebagai tempat wisata yang layak untuk dikunjungi.

Gunung Api Sirung - Sebuah gunung merapi yang terletak di Nusa Tenggara Timur. Tempat itu tidak seterkenal dengan gunung Kelimutu namun banyak wisatawan yang mengunjunginya.

Gunung Poco Ndeki - Salah satu gunung wisata yang terletak di Manggarai Timur. Di tempat ini ditemui batu yang menyerupai alat kelamin Perempuan dan Laki-laki.

Ada beberapa gunung di Nusa Tenggara Timur yang bisa juga anda kunjungi seperti: Gunung Batutara, Gunung Egon, Gunung Fatu Timao, Gunung Iliwerung, Gunung Ine Lika, Gunung Lakaan, Gunung Lewotolo, Gunung Rokatenda

Wisata Sejarah
Museum Bahari Ende 
Museum Bikon Blewut 
Museum Seribu Moko
Kampung Megalitik Bena
Pasola 
Situs Megallit Lai Tarung 
Situs Kamba Jawa dan Deru
Bukit Soekarno (Ende)
Monumen Sasando (Rote)
Kuburan Raja Taebenu di Manutapen,
Tugu Pancasila di LLBK, 
Meriam Jepang, 
Meriam Sekutu 
Kelapa Lima, 
Gua Jepang di Liliba, 
Tugu Jepang di Penfui, 
dan Meriam Sekutu di Nunhila.

Artikel Wisata Holik Lainnya :

Scroll to top