Kota-kota Indonesia yang Terkenal Akan Pesona Tempat Wisata yang Telah Mendunia

Wisata Indonesia. Indonesia merupakan negara yang beriklim tropis dengan berbentuk kepulaun yang membentang dari sabang sampai merauke. Ribuan pulau yang berjajar membentuk gugusan indah dari Sabang sampai Marauke siap menyuguhkan pesona wisata pantai tropis dengan ombak menggulung sepanjang tahun bagi anda para pecinta pariwisata Indonesia. Iklim tropis dengan curah hujan yang sangat tinggi dalam setahun cukup baik untuk membuat kawasan pulau di Indonesia menjadi hutan hujan tropis yang eksotis untuk dijadikan sebagai tempat wisata. 

Curah hujan yang airnya ditampung di puncak-puncak gunung oleh akar pohon dari hutan hujan tropis kemudian mengalir melalui sela-sela bebatuan. Pada kondisi yang cukup besar, Air akan mengalir dan jatuh di tebing dari batu kapur menghasilkan air terjun yang tidak kalah menariknya untuk dikunjungi. Deburan air terjun yang jatuh terus menerus memberikan suasana asri dan nyaman yang membuat lupa aktivitas dan rutinitas perkotaan yang serba cepat dan memusingkan.

Air mengalir ke tempat yang lebih rendah di dataran rendah, mengisi sungai-sungai yang menjadi pengairan bagi sawah-sawah petani di Indonesia. Sungai ini menjadi sumber air di sawah-sawah daerah Tropis di seluruh Nusantara yang tidak kalah menariknya dijadikan sebagai kawasan wisata. Hijaunya sawah yang asri disertai dengan aktivitas pak tani yang bercocok tanam di selingi dengan senyum ramah khas Indonesia, membuat perasaan rindu kampung halaman akan semakin besar. Anda tidak perlu jauh-jauh untuk membuang stress dan mengeluarkan biaya yang mahal, cukup berkunjung ke desa-desa lumbung padi di kaki gunung Tana Toraja, Bedugul, Medan, Lembang dan tempat-tempat sejenis di Indonesia akan memberikan pengelaman tersendiri.

Terkhusus bagi anda Wisata Holik dan Wisata Mania yang memiliki rencana liburan jauh di luar negeri, sebaiknya urunkan dulu niat anda. Kami tim Wisata Holik bahkan sudah menyusuri banyak hutan yang terdapat banyak air terjun, pantai yang berpasir putih dengan ombak yang aduhai, kota-kota dengan kearifan lokal yang tidak kalah modern namun juga menyimpan khasanah kebudayaan Indonesia serta Pulau-pulau di Indonesia yang kaya akan terumbu karang bahkan tidak akan ditemukan di belahan dunia manapun sungguh sangat sayang dilewatkan. Sebagai referensi wisata anda kami akan menyediakan informasi mengenai tempat-tempat wisata di Indonesia baik yang terkenal maupun yang tersembunyi, hanya di Wisata Holik.

Nusa Tenggara Timur - Cita Rasa Wisata Disertai Kearifan Lokal

Nusa Tenggara Timur, Sebuah mutiara Pariwisata disebelah Tenggara Indonesia. Pulau yang terkenal dengan reptil purba raksasa, Komodo ini ternyata menyimpan sejuta pesona wisata khas kepulaun tropis Indonesia. Sebut saja salah satunya Pantai Pink yang menyuguhkan pemandangan unik dan lain dari pada yang lain. Jika wisata pantai pada umumnya menyuguhkan pasir putih yang cerah, Pantai Pink justru memiliki pasir yang memiliki gradasi warna pink yang eksotis. Warna pink pada pasir di pantai ini berasal mineral yang terkestarsi dari organisme yang hidup di sekitar pantai kemudian di bawah ombak  ke pantai.

Jangan berhenti di wisata pantai Pink dan Komodo, Nusa Tenggara juga dikenal dengan ragam hias Sarung lokal yang tidak akan anda ditemukan di belahan lain di Indonesia. Salah satu budaya tertua yang masih terjada dan dijalani oleh masyarakat lokal akan menambah wawasan anda tentang kekayaan adat dan budaya Nusantara. Sedikit bergerak ke arah pegunungan di NTT, Air Terjun Cunca Rame dan Danau Sani Nggoang juga menjadi pilihan yang menarik dan mebuat anda tidak perlu berfikir lagi untuk memesan tiket wisata ke Nusa Tenggara Timur.

Destinasi wisata Nusa tenggara Timur
Pulau Komodo

Sulawesi Selatan : Wisata Budaya dan Kekayaan Alam Indonesia

Sulawesi Selatan juga punya banyak cerita, Negeri I La Galigo yang menjadi legenda termahsyur dari negeri Kahyangan ini juga banyak menyimpan tempat-tempat rekreasi yang menarik untuk di kunjungi. Sebut saja satu nama yang mungkin anda tidak begitu akrab, Taka Bonerate, Spot Diving kelas dunia di kepulauan Taka Bonerate di Kabupaten Selayar yang menyimpan banyak spesies terumbu karang dan juga biota laut yang sangat kaya dengan warna-warni menarik ini sudah sangat terkenal di luar negeri melalui dukungan dinas Pariwisata Provinsi Sulawesi Selatan. Program Visit South Celebes yang dicetuskan oleh bapak Gubernur Syahrul Yasin Limpo berhasil memperkenalkan Spot Diving di manca negara, jadi sangat sayang jika orang-orang yang mengaku sebagai Traveller Freak justru bela-belain keluar negeri untuk diving namun ketinggalan Spot yang ramai-ramai dikunjungi para diver dari manca negara.

Kembali ke bagian utara Sulawesi Selatan, tentu saja anda pernah mendengar nama Tana Toraja yang kaya akan pesona wisata Budaya. Upacara tradisional yang syarat dengan nilai luhur dan magis masih tetap dilaksankan di Tana Toraja. Nama ini dikenal dengan nama Ramba Solo, yang juga mungkin anda belum kenal karena sibuk dengan Menara Eiffel, Menara Miring Visa atau Air terjun Niagara milik Kanada. Ramba Sulo bahkan menjadi buruan para wisatawan Manca Negara karena keunikan budaya yang otentik milik suku Toraja. Hal yang unik dari Ramba sulo setidaknya ada dua, yakni pesta pengantaran mayat ke dunia Kahyangan dengan pemotongan seekor kerbau Belang yang dijual seharga 1 Milliyar Rupiah, tapi tahan dulu rasa heran anda dengan harga kerbau yang setara dengan Kuda Jingkrak Italia berlabel Ferrari, Upacara yang tidak kalah penting dari proses Ramba Sulo adalah melihat mayat berjalan ke perbaringan terakhirnya. Mayat yang berjalan dengan bantuan ilmu dari dukun lokal merupakan prosesi yang sangat jarang disaksikan inilah yang menjadi incaran para wisatawan manca negara.

Nah Sekarang anda boleh heran, dan sebagai obatnya dari keheranannya anda adalah kunjungi dan buktikan sendiri di Tanah Toraja. Namun tentu sayang jauh-jauh terbang ke Sulawesi Selatan hanya untuk Ke Tanah Toraja, Mampirlah sejenakdi kota Angin Mammiri yang dikenal dengan tanah para Karaeng dan Daeng di Makassar. Dipusat kota makassar Makassar ada sebuah pantai yang masuk dalam daftar pantai dengan suasana sunset paling indah di Indoensia, dimana lagi kalau bukan di Pantai Losari. Publik area yang dibuka untuk umum oleh pemerintah kota Makassar bahkan tidak dipungut retribusi alias gratis, anda hanya perlu memesan sepiring pisang epe' dan es kelapa muda sembari menikmati Matahri kemabli ke peraduannya.

Tempat Wisata di Tanah Toraja Wisata ne Gandenng
Wisata Museum Ne' Gandeng 

Pulau Bali : Pulau Dewata dan Tanah Lot yang Arif

Nama Pulau Bali, memang sudah lama menjadi komoditas Wisata Indonesia yang mendunia. Jika Amerika Serikat memiliki pantai tropis dengan air hangat di Pulau Hawai, maka Indonesia memiliki lebih baik dari sekedar pantai air hangat tapi juga disertai dengan budaya dan juga pesona hutan Hujan Tropis di Pegunungan di daerah Bali. Nama Pulau Bali memang sangat identik dengan pulau Wisata mulai dari sabang sampai Merauke. Jika tidak percaya coba tanyakan teman disamping anda, kalimat ini "Coba sebutkan nama pulau wisata yang paling terkenal di Indonesia?" 97 % orang yang anda tanyai akan menjawab nama Bali.

Image Bali sabegai pulau wisata bukan tanpa alasan, salah satu daerah di Indonesia yang memiliki pengunjung turis mancanegara paling banyak di seluruh Indonesia tentu saja Bali. Bahkan para wisatawan "bule-bule" dengan mudah ditemukan dipinggir jalan bercengkrama seolah-olah merasa nyaman senyaman di negara mereka sendiri. Coba anda sesekali berkunjung ke Pantai Sanur, Legian atau Pantai Kuta, pemandangan unik kombinasi dari pemandangan alam dan hiruk pikuk wisatawan yang sudah menyatu membuat Bali menjadi desinasi wisata yang paling banyak di sebutkan dan dikunjungi di Indonesia.

Wisata paling unik di bali
Resot Wisata Ubud 

Papua : Negeri di Atas awan yang tertutup Salju Abadi

Jangan salah, meskipun terletak di khatulistiwa yang identik dengan suhu tropis yang panas, Indonesia ternyata memiliki beberapa wilayah yang daerahnya selalu tertutup salju alami. Satu hal yang pasti, Salju tersebut adalah salju alami yang tidak datang dari mesin pendingin buatan manusia seperti yang ditemukan di Uni Emirat Arab dan Abu Dhabi. Papua, surga bagi burung Cendrawasih  ini, memiliki tiga puncak gunung dengan ketinggian mendekati 5000 meter di atas permukaan laut yang selalu tertutup oleh salju. Puncak tersebut dikenal dengan nama Puncak Jaya, Puncak Yamin dan Puncak Mandala yang sudah menunggu untuk di daki para pendaki gunung Sejati Indonesia. Taklukkan tiga puncak ini sebelum berencana mendaki puncak Himalaya di ketinggian 8800 meter di atas permukaan laut.

Ternyata dingin juga yah di Papua, tapi sayangnya anda bukan pendaki Gunung, jangan berkecil hati. Ada sebuah spot kelas dunia yang sangat terkenal dengan wisata laut, olahraga laut, diving, snorkling, jetsky dan resort paling kaya akan Biota laut di seluruh dunia. Apalagi kalau bukan Raja Ampat. Terletak di ujung timur Indonesia, Tepatnya di Kabupaten Sorong, Raja Ampat dapat diakses melalui pelabuhan laut menggunakan kapal motor selama kurang lebih 30 sampai 60 menit. Cukup dekat bukan? nah tunggu apalagi mari berenang di lautan Papua yang eksotis.


Destinasi wisata Papua kepualau raja ampat
Kepualauan Raja Ampat

Jogjakarta : Kota Pelajar yang Penuh Tempat Wisata Istragamable

Kota yang terkenal seribu candi dan sejuta pelajar ini merupakan kota yang sangat arif dan juga bersahaja. Kota Sri Sultan ini adalah kota dengan pengunjung luar negeri terbanyak di Indonesia setelah pulau dewata, Bali. Negeri Wayang yang menjadi negeri para raja pada zaman Jawa Kuno masih menyimpan sejuta bukti sejarah yang berdiri kokoh dan tersebar di seluruh penjuru Jogja. Di sebelah barat kota Jogja, terdapat sebuah situs sejarah berupa candi Prambanan yang bercorak hindu yang masuk dalam sah satu daftar warisan Budaya versi Unesco, kemudian di sebelah barat ada sebuah candi berukuran besar yang masuk dalam salah satu keajaiban dunia yang masih berdiri di kenal dengan nama Candi Borobudur yang memiliki corak Budha yang kuat warisa dari Dinasti Sayelendra pada abad ke 8.

Destinasi Wisata Jogja
Candi Prambanan

Selain dari Candi, Pantai berpasir putih juga sangat banyak di bagian selatan dari Jogja. Tersembunyi jauh di baling gunung-gunung kapur selatan Gunung Kidul, beberapa pantai Jogja langsung berhadapan langsung dengan Samudra Pasifik. Sebuat saja pantai sepanjang dan pantai Indrayanti  di Gunung Kidul yang selalu ramai akan deburan ombak yang saling sahut menyahut membuat hari anda tidak akan pernah sepi. Beberapa nelayan lokal yang pulang dari melaut juga menjajakan ikan segar yang siap untuk di panggang atau di goreng sambil menikmati ombak di laut yang membentur keras di bukit kapur Gunung Kidul.

Artikel Wisata Holik Lainnya :

Scroll to top