Sulawesi Selatan: Daerah Wisata Termahsyur di Gerbang Indonesia Timur

Sulawesi Selatan: Daerah Wisata Termahsyur di Gerbang Indonesia Timur

Wisata Indonesia. Pernah mendengar nama Tanah Toraja? ini adalah salah satu tujuan Argo wisata yang sudah menjadi salah satu warisan dunia. Tana Toraja tidak hanya terkenal di kalangan wisatawan Indonesia, tapi juga untuk wisatawan mancanegara. Hampir sepanjang tahun daerah ini dikunjungi wisatawan baik dalam maupun luar negeri.

Tanah Toraja merupakan salah satu kabupaten di propinsi Sulawesi Selatan yang pada tahun 2014 lalu mencanangkan semboyan wisata visit south sulawesi. Program visit sulawesi adalah salah satu program milik pemerintah provinsi sulawesi selatan untuk mempromosikan kearifan budaya lokal dan juga potensi wisata sulawesi selatan yang sangat banyak. Hampir seluruh jenis pariwisata terdapat di daerah ini. Mulai dari wisata laut, kuliner, pantai, gunung bahkan wisata modern seperti karnaval dan waterbom sudah hadir di kota ini. Ini merupakan alasan utama mengapa anda harus mengunjungi Sulawesi selatan sebagai kota tujuan wisata anda berikutnya.

Tanah Toraja merupakan salah satu kabupaten di propinsi Sulawesi Selatan yang pada tahun 2014 lalu mencanangkan semboyan wisata visit south sulawesi. Program visit sulawesi adalah salah satu program milik pemerintah provinsi sulawesi selatan untuk mempromosikan kearifan budaya lokal dan juga potensi wisata sulawesi selatan yang sangat banyak. Hampir seluruh jenis pariwisata terdapat di daerah ini. Mulai dari wisata laut, kuliner, pantai, gunung bahkan wisata modern seperti karnaval dan waterbom sudah hadir di kota ini. Ini merupakan alasan utama mengapa anda harus mengunjungi Sulawesi selatan sebagai kota tujuan wisata anda berikutnya.


Transportasi

Sebagai syarat awal daerah wisata adalah tersedianya sarana transportasi yang memadai. Sejalan dengan program pemerintah propinsi daerah sulawesi selatan, pembangunan infrastruktur di genjot terus menerus. Hal ini bertujuan untuk memudahkan para pelancong untuk mengakses daerah wisata yang hendak dituju.

Bandar Udara - Sebagai pintu kota makassar, Terdapat bandar udara bertaraf internasional, Sultan Hasanuddin International Airport. Sebagai gerbang Indonesia Timur bandara Sultan Hasanuddin melayani seluruh rute ke Indonesia bagian timur dan Indonesia bagian barat. Hal yang sangat mudah didapatkan adalah anda bisa melancong ke Sulawesi Selatan, kapan saja anda mau. Setiap harinya bandara ini melayani penerbangan hingga ratusan pesawat untuk landing dan take off. Posisi bandara yang berjarak 1 menit dari pusat kota juga sangat memudahkan pelancong untuk segera mendapatkan tempat menginap, segera setelah tiba di Sulawesi selatan.

Pelabuhan Air - Bagi para backpacker yang hendak memotong biaya perjalanan, Sulawesi selatan memiliki pelabuhan yang juga tidak kalah besar dengan bandaranya. Pelabuhan Soekarno-Hatta terletak tepat ditengah kota makassar akan menjadi pilihan yang menarik untuk merasakan nikmatnya wisata bahari selama perjalanan ke provinsi ini. Setelah kapal berlabuh, anda akan langsung disambut oleh ratusan toko khas oleh-oleh dan kawasan hotel bintang 3 serta homestay yang anda dapat pilih sesuai dengan selera anda. Alternatif lain setelah tiba melalui Pelabuhan adalah, Pantai Losari yang langsung dapat diakses dengan berjalan kaki dari pelabuhan.

Sulawesi Selatan: Daerah Wisata Termahsyur di Gerbang Indonesia Timur

Terminal Bus - Turun dari bandara Sultan hasanuddin, terdapat sebuah terminal bis regional Daya. Jarak terminal ini dari bandara kurang lebih 20 menit. Diterminal ini menyediakan seluruh layanan layanan bis untuk mengakses kota dan kabupaten di Sulawesi selatan. Secara umum wilayah sulawesi selatan dibagi atas 3 daerah besar, yakni Wilayah Kota Kota ,diakses melalui Tol Reformasi, Wilayah Utara seperti tana toraja, dan wilayah selatan yakni pantai bira dan selayar. Di terminal ini anda dapat mengakses seluruh tempat tersebut.

Penginapan dan Hotel - Berkunjung di Sulawesi selatan, anda tidak perlu mengkhawatirkan masalah Rumah tinggal, terdapat banyak hotel mulai dari bintang 5 hingga homestay. Kawasan perhotelan bisa ditemui, dijalan Andi Pettarani, Jalan Somba Opu, Jalan Ujung Pandang dan Jalan Ir Ratulangi. Jika anda seorang backpacker sejati, tidak sulit untuk mendapatkan rumah sekedar tinggal di daerah kecil mengingat warga desa di Sulawesi Selatan menganggap tamu adalah raj. so Welcome Home.

Daftar Wisata Air Terjun, Danau dan Air 
  • Air terjun Bantimurung (Maros) - Pecinta Kupu-kupu ini, Bantimurung adalah surga Kupu-kupu, ditempat ini juga terdapat dua goa untuk sekedar caving.
  • Air Terjun Parangloe (Gowa) - Berminat tracking ringan dan melihat air terjun bertingkat tiga, tempat ini masih belum dikelola oleh pemerintah daerah,  jadi sangat nyaman untuk menikmati pemandangan alam dengan suasana tenang.
  • Air Terjun Takapala (Gowa) - Ingin melihat air terjun dengan ketinggian lebih dari 50 meter, Takapala adalah air terjun tertinggi di sulawesi selatan.
  • Air Terjun Ketemu Jodoh (Gowa) - Warga lokal memiliki cerita jika anda dan pasangan mencuci muka di air terjun ini, maka ikatan jodoh akan terhubung selamanya.
  • Air Mata Buntu (Luwu Timur) - Air terjun ini bisa dikatakan yang terindah, karena tidak begitu tinggi tapi landai. Di antaranya terdapat pepohonan yang tumbuh di atas air terjun.
  • Air Terjun Bissapu (Bantaeng) - Menikmati dinginya air segar dari pegunungan, Bissapu memliki Air terjun yang indah.
  • Air Terjun Latuppa (Palopo) -  Hampir mirip dengan air terjun Mata Buntu, Air Terjun ini juga berada dibawah pepohonan yang sangat rindang.
  • Permandian Alam Taretta (Bone) - Bersumber dari mata air pegunungan yang alami, Anda akan mandi bersama ikan-ikan kecil dengan kualitas air yang dapat langsung diminum.

Daftar Wisata Pantai
  • Akkarena (Makassar) - Pantai dengan fasilitas modern seperti hotel, restaurant dan dermaga menjadi satu. Anda bisa menghabiskan seluruh liburan disini.
  • Tanjung Bira (Bulukumba) - Wisata dengan pantai pasir putih dan konservasi Penyu, Bira selalu padat dengan turis mancanegara.
  • Pantai Losari (Makassar)  -  Pantai dengan suasana pinggiran kota, Pantai ini disediakan secara gratis oleh pemerintah kota makassar untuk para pelancong.
  • Pantai Marina (Bantaeng) - Pantai Marina adalah tempat menikmati Sunset terindah setelah pantai losari.
  • Tanjung Bayang (Makassar) - Ingin menghabiskan waktu di pinggir pantai, Tempat ini menyediakan penyewaan bungalow untuk beristirahat diakhir pekan. 
  • Apparalang (Bulukumba) - Ingin menikmati pantai dengan tebing karts, Apparalang adalah salah satu pantai bernuansa tebing tinggi.
  • Pantai Galesong Utara (Takalar) - Ini bisa diaktakan pantai dengan fasilitas modern untuk menginap dan dilengkapi dengan fasilitas kolam renang, banana boat. all things that you want are here.
  • Pantai Kuppa (Barru) - Pantai melengkung dengan warna hijau dari ganggan hijau dan pasir putih.
  • Kepaluan Taka Bonerate (Selayar) -  Hendak Snorkeling, Diving, dan Scuba Diving, Ini di klaim terindah di Sulawesi Selatan bahkan pantas untuk disandingkan dengan Raja Ampat, Bunaken dan Waktobi.

Daftar Wisata Argo
  • Wisata Alam Malino (Gowa) - Ingin mengetahui cara berkebun teh dan Memetik Strawberry, ini adalah surga sayur di Kabupaten Gowa. Kawasan yang terletak di kawasan Hutan Pinus Gowa juga dikenal sebagai kota Bunga.
  • Wisata Alam Ulu Ere (Bataeng) - Kawasan wisata pertanian dan perkebunan Apel adalah salah satu tempat di dataran tinggi.
  • Wisata Budaya Tana Toraja (Tana Toraja) - Ini adalah salah adalah andalan pariwisata Sulawesi Selatan.

Daftar Wisata Pegunungan
  • Gunung Bawakareng (Gowa) - Pegunungan dengan ketinggian diatas 2.000 meter. Gunung bawakaraeng adalah tujuan populer pendaki gunung Sulawesi Selatan.
  • Gunung Lompobattang (Gowa) - Salah satu rute dakian populer, Gunung Lompobattang menyediakan Rute Lintas yang hanya ada satu di Indonesia.
  • Lembah Ramma (Gowa) - Lembah yang sangat asri, sejuk dan tenang. disana terdapat sungai dan Camp Ground yang cukup untuk 10.000 orang sekaligus.
  • Puncak Rantemario (Enrekang) - Salah satu dari puncak tertinggi di Indonesia adalah Puncak Rantemario.
  • Danau Tanralili (Gowa) - Ingin menikmati ranukumbolo versi Makassar, danau Tanralili adalah danau diatas ketinggian 2.000 meter diatas permukaan laut.
  • Gunung Bulusaraung (Pangkajene Kepulauan) - Ingin melihat gunung dengan puncak seperti Topi petani, Bulusaraung secara harfiah berarti gunung topi petani

Wisata Sejarah
  • Benteng Somba Opu (Gowa) - Ingin melihat saksi perjuangan kerajaan Gowa-Tallo, ini adalah benteng peninggalan yang masih terdapat sisa reruntuhan kerjaan abad 16.
  • Benteng Rotterdam (Makassar) - Peninggalan kerajaan Tallo, yang diambil oleh Belanda, Benteng Rotterdam juga dikenal dengan nama Benteng Pannyua, karena berbentuk seperti Penyu.
  • Benteng Balangnipa (Sinjai) - Salah satu peninggalan kerajaan balangnipa di kabupaten Sinjai yang masih berdiri hingga sekarang
  • Makam Sultan Hasanuddin (Gowa) - Komplek pemakaman raja-raja gowa yang terkenal gagah berani
  • Makam Syekh Yusuf (Gowa) - Kyai kerajaan Gowa yang terkenal sampai ke Madagaskar, Afrika.
  • Makan Raja Tallo (Makassar) - Makam perdana menteri kerajaan kembar Gowa-Tallo yang merupakan pelaksana tugas kenegaraan dijamanya,
  • Makam Arung Palakka (Gowa) - Legenda raja dari Kerajaan Bone yang berhasil menjatuhkan kerajaan gowa karena adu domba penjajah ada di Gowa.
  • Masjid Katangka (Gowa) - MAsjid tertua di Gowa, merupakan masjid pertama sejak kerajaan Gowa menjadikan agama islam resmi agama kerajaan tersebut.
  • Masjid Jami Palopo (Palopo) - Masjid tertua di Sulawesi selatan berada di bumi sawerigading, konon tiangutama masjid dibuat dari pohon Cabai.
  • Catedral Hati Kudus Yesus (Makassar) - Bukti persahabatan kerjaan Gowa Tallo dan Portugis yang mengizinkan pembangunan Gereja di wilayah kerajaanya.

Daftar Wisata Modern
  • Trans Studio Makassar (Makassar) - Taman hiburan indoor terbesar di Indonesia Timur, TSM menyediakan berbagai wahana yang menguji adrenaline anda.
  • Bugis Waterpark (Makassar) - Tempat wisata pemandian buatan dengan konsep naturalis terletak ditengah-tengah kota makassar.
  • Maros Waterpark (Maros) - Gabungan Konsep wisata alam dan buatan yang menjadi satu di Maros waterpark.
  • Gowa Discovery Park (Gowa) - Taman bermain yang juga dilengkapi taman burung dan waterboom.

Artikel Wisata Holik Lainnya :

Scroll to top