Taman Wisata Alam Bantimurung

Taman Wisata Alam Bantimurung

Wisata Indonesia. Anda pernah mendengar taman Kupu-kupu, Kemungkinan nama yang anda dengar adalah Taman Wisata Alam Bantimurung. Bantimurung adalah salah satu pemandian alam berupa air terjun besar yang terletak di Kabupaten Maros, Provinsi Sulawesi Selatan. Awalnya permandian ini hanya memiliki satu wahana andalan yakni Air Terjun Bantimurung, namun seiring dengan pembangunan yang dilakukan oleh pemerintah kabupaten Maros, Bantimurung kini memiliki fasilitas seperti taman bermain, kolam renang untuk anak-anak, taman Kupu-kupu, musholla, fitness center, lapangan tennis, penginapan dan inn.

Taman Kupu-kupu nasional Bantimurung

Taman wisata alam Bantimurung terletak kurang lebih 40 km dari kota Makassar tepatnya di kabupaten Maros, kecamatan Bantimurung. Letaknya dapat diakses dengan menempuh jalan poros Camba menuju kabupaten Bone via Camba. Memasuki ibukota kecamatan kota Maros Terdapat percabangan yang ada stasiun pengisian bahan bakar umum. Untuk menuju Bantimurung, anda harus mengmbil jalur sebelah kanan di percabangan sebelum pasar kabupaten Maros. Jalan Tersebut adalah poros Camba menuju ke Bone. Setelah masuk mengambil jalan sebelah kanan, Ikuti saja jalan sampai akhir nya terdapat patung kupu-kupu kira-kira setinggi 10 meter dan juga terdapat patung Monyet sebelah. Bantimurung terletak di sebelah kiri jalan.

Jalan pros camba adalah jalan poros yang sangat indah. Disepanjang jalan akan ada area persawahan yang di airi oleh irigas dengan kanal yang cukup lebar. Kanal tersebut mengikuti bentuk jalan hingga ke lokasi wisata bantimurung. Air dari kanal hingga saat masih digunakan oleh penduduk lokal untuk mandi, mencuci baju dan beberapa juga menggunakan sebagai tempat air minum ternak. Jika anda memiliki keinginan untuk mandi di kanal tersebut, disarankan untuk melihat titik-titik dimana warga mandi bersama. Jika musim penghujang air kanal cukup tinggi untuk dapat berenang-berenang.

Air Terjun
Memasuki kawasan Taman Wisata Bantimurung, anda akan mengunjungi sebuah air terjun besar seperti sungai yang dibendung oleh batu besar. Air terjun mengalir deras dari sungai dari pegunungan karst Bulusaraung. Air pegunungan karst yang alami membuat para pengunjung dapat menikmati sejuknya suasana mandi dipegunungan di permandian alam Bantimurung. Hal inilah yang membuat Bantimurung selalu ramai oleh pengunjung bahkan di hari kerja sekalipun. Air ini terus mengalir sepanjang tahun bahkan di musim kemarau, hanya saja debit air pada musim kemarau tidak begitu besar, akan tetapi justru musim panas adalah musim dimana bantimurung dipadati oleh pengunjung.

Wisata andalan sulawesi Selatan

Sekitar area permandian terdapat balai-balai yang bisa digunakan oleh pengunjung, namun untuk menggunakan fasilitas ini dikenakan biaya tambahan. Jika anda tidak ingin merogoh kocek lebih dalam, di tempat ini juga terdapat penyewaan tikar yang terdapat disepanjang aliran sungai. Anda tidak perlu khawatir kepanasan, di sekita wilayah Bantimurung banyak terdapat pohon besar yang rindang, sehingga anda bebas memilih tempat tanpa khawatir kepanasan.

Sebagaimana tajuk promosi taman wisata alam Bantimurung, The Kingdom of Butterflies, taman wisata alam Bantimurung menyediakan sebuah museum hidup-hidup yang di isi berbagai jenis kupu-kupu yang berterbangan di antara pohon kembang sepatu (Hibiscus Rosasinensi). Jika anda cukup tertarik, beberapa merchant menyediakan hiasan dinding dari kupu-kupu yang diawetkan, atau sekedar gantungan kunci.


Gua Mimpi
Nama gua Mimpi di ambil dari cerita rakyat berkembang, konon gua tersebut didapatkan melalui sebuah mimpi yang menyampaikan bahwa terdapat sebuah gua di atas gunung. Akses ke guya mimpi berada disamping air terjun melalui sebuah tangga yang telah di bangun oleh pihak pengelola.. Setelah melewati tangga dengan tinggi sekitar 20 sampai 30 meter, anda akan menyusuri pinggiran sungai yang dikelilingi bati karts. Air sungai alami berwarna kehijauan akan menemeni perjelanan hingga mecampai sebuah Gua yang sangat dalam. Anda tidak perlu khawatir, untuk dapat menikmati gua tidak dibutuhkan skill caving yang memadai. Anda hanya perlu menyewa sebuah senter besar karena gua yang lumayan dalam, sekitar 100 meter.

Gua Mimpi di Bantimurung

Di dalam gua Mimpi, terdapat pintu ke gua lagi. Lubang pintu agak sempit untuk dapat dilewati sehingga pengunjung harus membungkuk. Didalam gua ini terdapat mata air ketemu jodoh. Konon siapa saja yang membasuh muka di air ini akan dimudahkan urusan terkait masalah jodoh.

Diluar gua Batu adalah tempat yang paling indah di kawasan ini. Terdapat banyak kupu-kupu alami yang terbang dianatar sungai di depan gua. di sungi ini juga terdapat air terjun, namun pengunjung dilarang untuk mandi karena sumber air dari dalam memiliki arus arah kebawah batu besar yang ketika kita terhisap, tidak akan pernah bisa naik lagi.

Artikel Wisata Holik Lainnya :

Scroll to top