Tempat Wisata yang Wajib Anda Kunjungi di Makassar

Tempat Wisata yang Wajib Anda Kunjungi di Makassar

Wisata Indonesia. Makassar tanah karaeng atau biasa juga dikenal dengan dengan sebutan kota daeng adalah mutiara dari Indonesia timur yang menyimpan banyak potensi tempat wisata yang wajib anda kunjungi ketika berkunjung di Makassar. Makassar merupakan gerbang Indonesia timur yang merupakan salah satu dari 10 kota besar yang ada di Indonesia. Kota ini dapat dinilai sebagai kota dengan infrastruktur yang sangat lengkap. Seluruh fasilitas yang dibutuhkan oleh masyarakat lokal maupun pendatang tersedia di Kota ini, salah satunya adalah tempat-tempat wisata yang ada di Makassar. 

Bagi para pelancong yang suka mengunjungi daerah dengan tempat wisata dengan karakter unik, kota Makassar menyediakan berbagai macam bentuk wisata yang anda sukai. Tidak perlu khawatir dengan sarana transportasi, segala jenis transportasi tersedia di kota ini mulai dari taksi, mobil rental dan supir, ojek, angkutan kota, trans Makassar, dan Armada Bus siap mengantarkan anda ke tempat wisata yang wajib anda kunjungi di Makassar.

Tempat Wisata di Makassar
Sebagai referensi sebelum anda berkunjung ke Kota anging mammiri ini saya akan membagikan beberapa daftar tempat wisata yang wajib anda kunjungi di Makassar.

Pantai Losari (jl. Jumpandang) ,- Makassar akan selalu identik dengan Pantai Losari. Pantai losari adalah salah satu tempat terindah untuk menikmati matahari terbenam. Tempat ini semakin populer terlebih setelah dilakukan rehabilitasi oleh walikota makassar Ilham Arief Sirajuddin. Di Pantai Losari dibangun 3 anjungan yang mewakili tiga suku besar di Sulawesi Selatan. Ketiga anjungan itu adalah anjungan Makassar, Anjungan Bugis dan Anjungan Toraja.

Anjungan pantai losari

Benteng Rotterdam (jl. Jumpandang),- Benteng pannyua adalah nama asli dari fort Rotterdam. Benteng ini tepat mengarah ke laut makassar dengan bentuk benteng yang menyerupai bentuk Penyu. Benteng ini adalah salah bentuk pendudukan Belanda yang mengalahkan Gallarang Tumailalang Kerajaan Gowa.


Pantai Akkarena (jl. Metro Tanjung),- Pantai Akkarena dulunya terkenal dengan nama tanjung Bunga adalah pantai dengan kawasan wisata terbaik di Makassar. Pantai ini sudah terintegrasi dengan sistem wisata satu pintu dengan berbagai fasilitas didalamnya. Anda bisa menikmati wahana air, taman bermain, dermaga dan wisata jetsky dalam satu tempat. Jika anda ingin menghabiskan waktu sepanjang malam, Pantai Akkarena juga menyediakan inn dan motel pada lokasi yang sama.

Tanjung bunga

Trans Studio Makassar (jl. Metro Tanjung),- Ingin merasakan sensasi wahana buatan dengan tujuan wisata uji dan adrenalin. Trans Studio Makassar merupakan salah satu taman bermain indor terbesar di Indonesia. Pada taman indor ini terdapat berbagai jenis wahana seperti Roller Coaster, Dragon Tower, Bianglala, Rumah Hantu dan Laboratorium Sains anak-anak.

Wahana terseram di dunia

Tanjung Bayang (jl. Metro Tanjung),- Berlokasi di sebelah pantai Akkarena, Tanjung Bayang menawarkan wisata pantai dengan bugget yang lebih murah. Meskipun tidak memiliki fasilitas selengkap dengan Tanjung Bunga, Tanjung Bayang bisa menjadi alternatif untuk menikmati matahari terbenam dan mandi di air laut.

Tanjung Layar (jl. poros barombong),- Tanjung layar dikenal karena terdapat tugu layar yang sangat besar di ujung muara sungai Je'ne Berang. Tanjung layar ini terdapat dermaga yang sering digunakan fotografer untuk mengabadikan gambar dengan teknik long exposure. Terdapat beberapa balai-balai di tempat untuk dijadikan sebagai tempat menikmati matahari terbenam.

Pantai Barombong (jl poros Barombong),- Pantai Barombong merupakan pantai disamping balai pelatihan pelayaran BPLP Barombong. Sarana yang ditawarkan hampir sama dengan tanjung Bayang. Di tempat ini terdapat dermaga panjang yang biasa dijadikan warga lokal untuk memancing.

Masjid Al-Markas (jl Masjid Raya),- Masjid Al Markas Al Islami atau biasa dikenal dengan nama islamic center adalah mesjid terbesar di Makassar. Tidak hanya luas dari segi bangunan, masjid ini juga memiliki kawasan taman yang lebih luas lagi. Beberapa komunitas menggunakan tempat ini untuk melatih kemampuan pada sore hari. 

Pulau Samalona,- Pulau Samalona berjarak kurang lebih 1 mil laut dari kota Makassar. Pulau ini bisa dikunjungi dengan menggunakan perahu motor dari pelabuhan khusus penyeberangan pulau Samalona. Untuk dapat menyeberang ke pulau dibutuhkan waktu sekitar 15 menit dari pelabuhan dengan menggunakan perahu motor.

Pulau Kahyangan,- Berbeda dengan pulau Samalona, pulau Kahyangan tidak dihuni oleh penduduk asli. seluruh pulau dikelola oleh pihak swasta yang menyediakan fasilitas seperti penginapan, inn, bar, kolam renang dan Restauran. Untuk menyeberang ke pulau ini dibutuhkan waktu sekitar 45 menit dengan menggunakan perahu motor. Biaya untuk sekali menyebrang sudah include dengan biaya kembalinya.

Pulau Barrang lompo,- Pulau Barrang Lompoa adalah salah satu dari tiga kepulauan penelitian kelautan Universitas Hasanuddin. Pulau ini terkenal dengan kondisi terumbu karang dan ikan yang sangat cantik. Jarak pulau ini dari kota Makassar sekitar 1 jam 20 menit dari pelabuhan Kayu Bangkoa.

Pelabuhan Paotere (jl Barukang),- Anda ingin melihat perahu tradisional pinisi? Kawasan pelabuhan paotere adalah pelabuhan yang banyak disinggahi perahu tradisional dan tepat pelelangan ikan terbesar di Makassar. Di pelabuhan berjajar kapal kayu besar khas buatan Tanjung Bira yang masih digunakan sampai sekarang.

Paotere pelabuhan wisata makassar

Artikel Wisata Holik Lainnya :

Scroll to top