9 Wisata Malam Jogja dan Sekitarnya yang Wajib anda Kunjungi

Jogja memang layak dijuluki kota wisata terfavorit di Indonesia. Tidak hanya menawan dan indah di siang hari, jogja juga memiliki keindahan malam yang tidak kalah dengan kota lain. Bahkan, di beberapa tempat, Jogja dijadikan sebagai tempat nongkrong hingga subuh hari.

Sebagai kota wisata, Yogyakarta tidak hanya memiliki destinasi wisata alam yang menawan, tidak hanya memiliki panorama indah di pinggiran pantai, tidak hanya memiliki arsitektur budaya, tidak hanya memiliki tempat belanja. Bahkan lebih dari itu, ditempat ini ditemukan keunikan yang tidak ada duanya dengan kota lain. Bagi siapa saja yang pernah berkunjung ke Jogja, romanatisme Jogja masih tertanam di benak mereka hingga sekarang.

Saat senja mulai tenggelam, keeksotisan kotaJogja tidak serta merta langsung meredup. Semaraknya kota pelajar ini bahkan baru saja akan dimulai. Bahkan ada anggapan bahwa tidak bermalam di tempat ini akan menimbulkan penyesalan di kemudian hari.Jika anda sedang berlibur di Jogja jangan terburu-buru untuk meninggalkan keramaian di malam hari. Berikut adalah destinasi wisata jogja yang perlu anda coba di malam hari:

Wisata Malam Malioboro Dan Titik Nol Kilometer Jogja

Malioboro tentu saja menjadi wisata nomor satu di Jogja. Berada di jantung kota, tempat ini selalu saja ramai dikunjungi setiap saat. Ada banyak yang bisa anda dapatkan di tempat ini, sebut saja barang seni kreatif jogja, pertunjukan angklung di trotoar, baju kaos khas Jogja hingga anda dapat melihat langsung orang jogja membatik di Mirota.

Dari ujung utara hingga selatan, terdapat banyak keunikan kota jogja yang bisa dinikmati. Setelah puas berkeliaran di Malioboro, anda bisa nongkrong di sekitar Nol Kilometer. Riuhnya Jogja tidak hanya semarak dengan aneka wahana khas yang tersajikan, namun ada banyak komunitas yang semakin meramaikan kota budaya ini. Ada komunitas yang berdandan ala hantu, komunitas penari, komunitas peniru patung perunggu, hingaa komunitas antarksi sepeda.

Malioboro merupakan gambaran kecil masyarakat Jogja, kiri dan kananya terhiasi dengan bangunan lawas yang dipadukan dengan bangunan modern. Di kawasan Nol Kilometer juga terdapat bangunan peninggalan Belanda yang terkenal dengan penyebutan loji. Seolah berada di masa lalu, bangunan tua ini semakin indah saat disambangi di malam hari.

Wisata Malam Jogja 9

Wisata Malam Alun-Alun Kidul Jogja

Alun-Alun kidul atau biasa di sebut “Alkid” terletak tidak jauh dari kota Jogja dan menjadi tempat terfavorit di malam hari. Selain tersedia berbagai fasilitas mengasyikkan di malam hari, tersedia juga jajanan khas kuliner Yogyakarta seperti wedang Ronde, Gudeg, Roti Bakar, Jagung dan kuliner lainnya.

Di sore hari, permnainan masangin menjadi pilihan terbaik. Anda boleh mencoba keberuntungan dalam permainan masangin yang membutuhan konsentrasi tinggi ini sambil menunggu malam tiba. Menurut beberapa warga setempat dua pohon yang terdapat di Alun-Alun Kidul memiliki kekuatan mistik. Jika seorang dapat berjalan di antara 2 pohon dalam keadaan mata tertutup, maka permohonan yang ia minta akan terkabul. Meskipun hal ini tidak dapat dipercaya, beberapa orang melakukan permainan ini untuk mengukur seberapa berhasil ia melewati pohon tersebut.    

Menikmati malam di Alun-Alun Kidul Jogja, tidak lengkap rasanya jika tidak berkeliling menggunakan sepeda wisata, biasa disebut odong-odong cinta. Bentuk sepeda ini menyerupai mobil ataupun sepeda susun yang dihiasi dengan musik dan lampu warna-warni yang semakin menambah romantisme kendaraan ini, sangat cocok dinikmati oleh keluarga kecil dan pasangan. Kendaraan ini disewakan dengan harga Rp. 25.000 untuk dua kali putaran.  

Wisata Malam Jogja 8

Wisata Malam Pesta Rakyat Sekaten di Alun-alun Utara Jogja

Lokasi wisata Pesta Rakyat Sekaten ini tidak jauh dari Malioboro maupun titik Nol Kilometer. Dikatakan pesta rakyat karena barang-barang yang dijual terbilang murah dan terjangkau bagi kalang menengah ke bawah. Pesta Rakyat Sekaten ini hanya diadakan sekali dalam setahun selama kurang lebih 2 bulan. Yaitu setiap akan memperingati maulid Nabi Muhammad Saw. Pasar Sekaten ini bisa menjadi alternative wisata di malam hari jika anda berkunjung peringatan mauled. Sekatenan dijadikan tempat kemeriahan khas tradisional jogja hingga beberapa permaianan modern yang menghibur pengunjung.

Suasana semkin riuh saat ada beberapa pementasan lagu dandngut mapun kesenian budaya jogja yang dipentaskan di atas panggung.

Wisata Malam Jogja 7

Wisata Malam Icon Tugu Jogja

Tugu Jogja adalah icon kebanggan masyarakat Jogja. Bangunan yang berumur sekitar 300an ini terletak di perempatan jalan antar jl Mangkubumi, Jl Diponegoro, Jl A.M Sangaji, dan Jl. Jend Sudirman. Jika dicermati Tugu Jogja berada di tengah-engah antara Gunung Merapi dan Pantai Selatan. Bangunan kuno bercat putih yang disepuh dengan emas ini selalu jadi tempat yang tidak terlewatkan bagi pengunjung kota jogja.

Meski letaknya yang berada di tengah perempatan jalan, bangunan ini tidak pernah sepi dari wisatawan. Wisata yang sarat akan sejarah ini, selalu ramai di malam hari. Di tempat inilah, banyak orang berbondong-bondong untuk mengambil foto sebagai tanda bahwa ia telah mendatangi kota pelajar ini. Bahkan rela menuggu jalanan sepi  hanya untuk berfoto di tempat ini.

Wisata Malam Jogja 6

Wisata Malam Taman Pelangi Sleman

Taman pelangi atau taman lampion terletak di Jln Ringroad Utara, Sleman. Taman ini memiliki ratusan jenis lampion indah yang dapat dinikmati tanpa menunggu hari raya Imlek. Selain itu terdapat banyak wahana rekreasi yang dapat anda coba, seperti: Baterry Car, Bazzer Gam, ATV, Rumah Balon, Monopoli Dunia, Dakon, Scrablle, Trampolin dan lain-lain.

Di taman ini ditemukan berbagai jenis dan bentuk lampion yang memacarkan cahaya indah di malam hari
Wisata Malam Jogja 5

Wisata Malam Bukit Bintang Gunung Kidul

Bukit bintang termasuk dari tempat yang paling romantic dijogja biasa dikunjungi pasangan yang ingin menunjukkan rasa cinta dan sayang mereka kepada sang kekasih. Bukit yang terletak di jl. Wonosari Gunung Kidul (30 km dari kota Jogja) ini tidak kalah dengan wisata malam lain yang berada di DIY.  Penduduk sekitar, menempatkan beberapa jajanan khas kuliner Jogja untuk menemani wisatawan dalam menikmati panorama indah kota Jogja di malam hari.

Untuk melengkapi kemeriahan romantisme Bukit Bintang, terdapat banyak café dan warung makan di tepi jurang yang menyediakan jagung bakar dan beberapa jenis minuman khas jogja. Lokasi warung dan café inipun sangat strategis untuk menikmati gemerlap cahaya dan lampu kota jogja yang berkilauan seperti bintang di malam hari.

Wisata Malam Jogja 4

Wisata Malam Gunung Api Purba Nglanggeran Gunung Kidul

Gunung Api Purba Nglanggeran dapat menjadi alternatife wisata di malam hari. Gunung yang tersusun dari kumpulan bebetuan raksaa ini dapat ditempu dengan berjalan kaki kurang lebih 1,5 jam. Di puncak Gunung Api Purba ini dapat dijadikan ide menarik untuk melakukan camping. Terdapat hamparan camping groud yang dapat dijangkau oleh siapapun. Di tempat ini anda dapat mengeksplorasikan diri sambil menikmati indahnya bintang langit.

Tempat ini cukup terjangkau bagi siapapun, hanya butuh perjalanan sekita 2 jam dari pusat kota untuk sampai pada lokasi wisata ini.

Wisata Malam Jogja 2

Beach Camp di Pantai-pantai Gunung Kidul

Berkunjung ke wisata pantai jogja tidak hanya indah di siang hari, bahkan salah satu dari sekian banyak rekomendasi temat wisata, pantai di jogja termasuk dari destinasi wisata yang wajib untuk dikunjungi di siang maupun malam hari. Anak muda yang melanjutkan study dijogja malah hobi mendatangi pantai di Malam hari, hal itu dilakukan untuk melepas kepenatan aktivitas kampus.

Selain sebagai ajang untuk rekreasi, pantai jogja juga banyak dijadikan sebagai tempat camping dan menikmati api unggung di malam hari. Bahkan terkesan jika ingin menikmati enaknya ikan bakar di kota wisata ini, maka jangan sungkan untuk mendatangi salah satu pantai terdekat di jogja. Ada banayak pantai yang bisa anda tempati untuk camping di malam hari, namun kami merekomendasikan pantai Parangkritis (Bantul) dan pantai Grewengan (Gunung Kidul).

Kunjung terakhir, Angkringan dan Kopi Joss dekat Stasiun Tugu

Mengunjungi kota Jogja tidak lengkap rasanya jika tidak menghabiskan malam di beberapa tempat. Ada banyak tempat nongkrong yang bisa anda temui di Jogja dengan suasana yang berbeda-beda. Dari sekian banyak tempat tersebut, kami yakin anda tidak akan melewatkan tempat yang satu. Yaitu menikmati angkringan di stasiun Tugu di temani secangkir kopi Joss. Di tempat ini, anda akan menemukan sukumpulan orang bercengkrama, bermain kartu, dan berpacaran hingga subuh hari. Hanya dialasi karpet lusuh, tempat ini tidak akan kalah dengan wisata malam lainnya. Kopi yang dicampur dengan arang adalah destinasi wisata yang selalu memikat pecinta kopi. 

Kata Joko Pinurbo “Jogja itu terbuat dari rindu, pulang, dan angkringan”.

Obyek Wisata Malam Jogja

Demikianlah 9 Wisata Malam Jogja dan Sekitarnya yang Wajib anda Kunjungi saat sedang liburan. Mudahan bermanfaat.

Artikel Wisata Holik Lainnya :

Scroll to top