Area Camping Ground Paling Favorit di Jogja

Wisata Holik. Melepas penat dari rutinitas yang membosankan selama work day di akhir pekan bisa jadi menjadi sumber semangat baru untuk menjalani satu minggu berikutnya. Ada banyak alternatif yang bisa di pilih sebagai solusi untuk menyegarkan pikiran salah satunya melalui liburan yang dilakukan di pegunungan atau pinggir pantai sambil berkemah di bawah sejuta bintang yang menggantung di langit. Bagi anda yang sedang berada di kota pelajar Jogja entah dengan tujuan berlibur ataupun sedang dalam proses menyelesaikan study, tidak ada salahnya untuk mencoba beberapa area camping ground yang paling terkenal di Jogja.

Camping Ground Kalikuning

Kali Kuning adalah salah satu tempat wisata di Yogyakarta yang dapat dijadikan alternatife area camping ground. Kali kuning terletak di lereng selatan Gunung Merapi Kec. Cangkringan, Sleman DIY, tidak jauh dari wisata Kaliurang. Gemercik air, pohon pinus, hingga keindahan panorama pegunungan adalah alasan utama tempat ini layak dijadikan tempat wisata di malam hari.

Kali kuning merupakan sebuah sungai kecil yang memiliki sumber mata air saat musim hujan, dan menjadi jalur lahar erupsi gunuing Merapi saat meletus. Kali kuning dikelilingi dengan pohon pinus indah, sehingga dapat dijadikan sebagai lokasi outbond bagi yang suka dengan permainana. Di ujung wisata ini, ada tebing batuan endesit yang biasa dijadikan area panjat tebing, terkhusus bagi pemanjat yang telah berpengalaman.

Area Camping Ground kali kuning di Jogja
Kali Kuning

Suasan malam yang dingin menyengat, suara katak, suara jangkrik, kegelapan mencekam, mandi dikali saat sore, minum kopi hangat  dan makan mie instan di malam hari, api unggung yang menghangatkan adalah daya tarik utama camping ground ini.

Camping Ground Gunung Api Purba Nglanggeran

Area camping ini terletak di Desa Nglanggeran, Kecamatan Patuk, Kabupaten Gunung Kidul. Untuk mencapai area ini, anda dituntut berjalan melewati bukit kecil yang memiliki tebing yang cukup aman. Dalam perjalanan menujum area camping terdapat beberapa gazebo yang dapat anda manfaatkan untuk istrahat. Saat kami mengunjungi lokasi, sebelum memulai perjalan tersebut dituntut membayar retribusi sebesar Rp. 7.000,-/Malam.

Area Camping Ground kali biru di Jogja
Gunung Api Purba Ngelanggeran

Terdapat area camping yang cukup luas bagi pengunjung dikisaran 20 tenda dari pos terakhir hingga puncak. Berada di tempat ini, anda tidak boleh melewatkan suasana malam hari sambil memandang lampu-lampu dari pedesaan terdekat, bila pagi mulai muncul anda juga tidak boleh melewatka matahari yang akan terbit.


Camping Ground Candi Ratu Boko

Area camping ground di Jogja tidak hanya berupa pegunungan, pantai maupun perbukitan. Tempat bersejarah seperti candi pun dapat dijadikan lokasi terbaik untuk melakukan salah satu hoby anda. Salah satu candi yang banyak digunakan sebagai area camping ground di Jogja adalah Candi Ratu Buku.
Area Camping Ground kali biru di Jogja
Candi Ratu Boko

Candi Ratu Boko dilengkapi dengan berbagai fasilitas seperti mushola, pendopo dan kamar mandi. Untuk menikmati indahnya berkemah di camping ground ini, anda hanya diperlukan mengeluarkan uang sekitar Rp. 30.000,-perorang. Candi Ratu Boko memiliki jejak-jejak sejarah yang unik untuk ditelusuri (baca: candi di Jogja). Memandangi gunung merapi saat sore adalah obyek wisata terbaik di tempat ini.

Camping Ground Kalibiru

Terletak di kawasan perbukitan Menoreh Kulonprogo, Kilibiru memiliki suhu dan udara sejuk dan sangat bermanfaat untuk dijadikan tempat berkemah. Keindahan Kilibiru dilengkapi dengan berbagai fasilitas yang disediakan, sebut saja fasilitas outbond, gardu pandang, homestay, jalur traking hingga camping ground. Selain itu kalibiru sangat cocok dijadikan sebagai tempa mengabadikan momen pranikah. Pada mulanya, kilibiru adalah hutan belantara yang dikelolah oleh pemeritah, namun berdasarkan kesepakan bersama, kini hutan tersebut dikembangkan menjadi kawasan wisata oleh masyarakat setempat. Tempat ini sangat cocok dijadika camping ground, karena memiliki jallur traking dan pemandangan menawan di sore hari dan dimalam hari terdapat aneka ciut serangga dan burung

Area Camping Ground kali biru di Jogja
Kali Biru

Kalibiru sangat cocok bagi sebuah komunitas yang inginmengakrabkan diri dengan anggota baru, selain tempat yang cocok untuk berkemah, ditempat ini juga terdapat beberapa lokasi outbond dan beberapa fasilitas lain yang dapat dimanfaatkan bagi wisatawan yang senang tehadap olahraga extrim seperti flying fox dan lainnya.


Camping Ground di Pantai Kesirat

Tidak semua pantai berpasir, di Jogja tepatnya di daerah Gunung Kidul terdapat sebuah pantai berbatu yang beridrih kokoh di atas karang yang cukup datar untuk dijadikan sebagai area camping ground. Pantai Kesirat terletak di desa Girikarto, Kecamatan Panggang Gunung Kidul, suasan tebing dengan ketinggian paling rendah 15 meter di atas permukaan laut akan memberikan sensasi camping yang berbeda. Deburan ombak yang menghantam karang membuat malam anda berlalu tanpa rasa sunyi dan kesepian namun bukan karena bisingnya mesin melainkan suara alam yang menggelora di dalam kalbu.

Area Camping Ground Paling Favorit di Jogja pantai kesirat yang eksotis
Sunset di Pantai Kesirat


Salah satu hal yang unik yang sebaiknya anda coba, adalah rock-fishing. Beberapa pemancing sengaja datang jauh-jauh dari kota Jogja ke Kesirat untuk merasakan sensasi dari Spot Fishing di tempat ini dan jika beruntung ikan berukuran panjang sekitar 1 satu meter bisa menyambar umpan anda. Satu lagi hal yang unik dari pantai kesirat ini adalah suasana sunset yang indah di temani sebatang pohong ketapan di tepi tebing yang indah.


Camping Ground di Puncak Suroloyo

Caping Ground Di Suroloyo mungkin belum begitu terkenal karena tertelan oleh Gardu Pandang Puncak Suroloyo, namun tahukan anda ada sebuah bukit diatas gunung dengan ktinggian seratus meter sebleum puncak suroloyo yang bisa dijadikan camping Ground. Area camping sekiti sempit karena hanya bisa mendirikan beberapa tenda saja namun ssi camping di tebing sangat terasa. 

Area Camping Ground Favorit di Jogja di Suroloy bukit neoreh
Puncak Suroloyo


Satu hal unik dari lokasi ini, yakni tenda anda akan berdiri tepat di pinggir tebing sempit namun pastinya tetap aman karena penulis sendiri sudah beberapa kali camping di tempat tersebut. Puncak suroloyo berada di daerah Kulonprogo termasuk di barisan bukit menoreh namun lebih condong ke timur, tepatnya di desa Samigaluh. Area camping tepat berada di puncak bukit yang ada pada gambar di atas. Bagaimana tertarik?

Artikel Wisata Holik Lainnya :

Scroll to top