Desa Agrowisata Terkenal di Jogja

Agrowisata adalah sebuah aktivitas liburan yang bersinggungan langsung dengan penggunaan lahan pertanian maupun potensi alam lainya dan dapat menarik perhatian wisatawan serta memiliki ragam variasi wisata. Seperti: wisata petik buah, labirin jagung, dan restoran di atas laut. Sebuah tempat wisata dinamai agrowisata jika di dalamnya terdapat pengembangan potensi alam dan menjadi salah satu pencarian warga setempat (baca: Agrowisata)

Jogja merupakan kawasan wisata yang memiliki beragam obyek wisata termasuk diantaranya Agrowisata. Tidak hanya itu, rata-rata agrowisata di Jogja memiliki obyek dan panorama indah tambahan yang dilengkapi dengan berbagai fasilitas tertentu. Seperti area camping, wisata budaya, wisata alam hingga wisata kuliner. Berikut kami sebutkan beberapa desa agrowisata terkenal di Yogyakarta:

Agrowisata Kaliurang Sleman DIY

Kaliurang adalah salah satu kawasan wisata yang terletak di Desa Hargobinangun, Kecamatan Pakem, Kabupaten Sleman, Daerah Istimewa Yogyakarta. Lokasi ini dijadikan sebagai tempat rekreasi karena memiliki panorama indah, iklim yang menyegarkan dikisaran 20° - 25° C hingg Kuliner khas.

Obyek wisata kaliurang telah digunakan sebagai tempat peristirahatan meneer dan nyonya belanda, sehngga tak heran jika ramai dikunjungi hingga sekarang. Beberapa sarana dan prasarana pun telah disediakan oleh masyarakat dan pemerintah setempat.


Di tempat ini, terdapat banyak aktivitas yang dapat anda lakukan, Mengamati merapi dari gardu depan (dapat melihat puncak merapi), menyambangi bukit Plawangan Turgo, Telogo Putri, Kalikuning, Kaliadem, Menikmati kuliner Jadah Tempe, hingga monyet dan Elang Jawa. Bagi wisatawan yang datang dengan keluarga tercinta, di tempat ini disediakan juga destinasi wisata yang cocok dengan keluarga, Camping Ground, Taman Bermain, Museum Merapi, Gowa Jepang.

Akses Untuk menuju kawasan wisata ini  dicapai dengan angkutan umum maupun kendaraan pribadi yang berjarak 28 km dari kota Jogja atau dikisaran 1 jam.

Agrowisata Perkebunan Salak Pondoh Turi Sleman DIY

Salak pondoh adalah salah satu buah segar yang menjadi idola banyak orang karena memiliki rasa gurih dan manis. Di kabupaten Sleman, ada sebuah agrowisata yang menjadikan salak pondoh sebagai obyek wisata utama. Selain salak, terdapat juga aneka macam tanaman yang biasa dijadikan sebagai obat, seperti jahe, kencur, temulawak dan lanniya.

Agrowisata yang memiliki luas sekitar 27 ha terletak di Dusun Gadung, desa Kebun Kerto, Kecamatan Turi, Kabupaten Sleman, DIY. Pada mulanya, dikelolah oleh Prof. Sudibyo yang terbiasa mengembangkan budi daya salak sejak kecil, hal ini terlihat dari cara ia memindahkan salak dari satu tempat ke tempat lain tanpa mati. Penglaman inilah yang ia ajarkan ke masyarakat setempat sehingga masyarkat turut berpartisifasi dalam memmbudidayakan salak pondoh.

Agrowisata Terkenal di Jogja

Salak yang dibudidayakan ada beberapa jenis, antara lain  salak pondoh hitam, salak pondoh super, salak bali, salk gading, salak pondoh kuning, salak semeru, salak tanonjaya, dan beberapa macam salak lainnya.

Agrowisata Turi menjadi destinasi favorit bagi anak-anak dan orang dewasa karena dapat memetik langsung salak dari pohonya, selain itu tempat ini dapat dijadikan sebagai sarana untuk belajar membudidayakan tanaman. Para wisatawan akan dipandu langsung oleh masyarakat satempat dengan membayar biaya tambahan yang tidak terhitung mahal.

Agrowisata Kebun Buah Mangunan Imogiri Bantul DIY

Kebun Buah Mangunan adalah salah satu agrowisata yang masih asing di telinga wisatawan Yogyakarta. Terletak di bagian selatan kota Jogja tentu menjadi salah satu tempat yang layak di kunjungi saat sedang liburan. Kebun seluas 23 hektar ini ditanami beberapa buah seperti, rambutan, duku, durian, jambu air, manga, manggis , belimbing, jambu biji, kelengkeng dan sawo.

Buah durian adalah buah terbanyak yang ditanam di agrowisata Mangunan ini sebanyak 1500an pohon, manga 950an pohon, jeruk 220 pohon, jambu air sekitar 300an pohon, dan buah lain masing 200an pohon. Meskupun tempat wisata ini adalah kebun buah namun disana ditemukan beberapa obyek wisata lain seperti arena bermain anak, kolam pemancingan, area camping ground, area outbond, dan sarana flying fox. Tersedia beberapa fasiltas tambahan seperti 2 buah pendopo, 2 buah aula, mushola, parkir luas, dan kamar mandi. Fasilitas ini sangat mendukung untuk mengadakan kegiatan-kegiatan yang dilakukan oleh komunitas tertentu sehingga sangat cocok dilakukan secara berkelompok.

Agrowisata Terkenal di Jogja

Agrowisata ini tidak kalah dengan tampat wisata lain di jogja, sebelum mengeksplorasikan diri dengan menikmati buah-buah segar yang terdapat di tempat ini, anda tidak boleh melewatkan salah satu destinasilain seperti menikmati sunrise di pagi hari.

Untuk menyambangi desa agrowisata terkenal di Jogja ini, anda tidak harus mengeluarkan biaya mahal, bahkan terbilang cukup murah. 

Artikel Wisata Holik Lainnya :

Scroll to top