Kuliner dan Makanan Khas Makassar

Kuliner dan Makanan Khas Makassar

Wisata Indonesia. Makassar merupakan kota anging Mammiri yang telah menjadi salah satu destinasi wisata di Indonesia ternyata menyimpan berjuta pesona wisata kuliner yang sangat khas. Berbeda dengan berbagai kuliner dari daerah lain, Kuliner khas Makassar masih sangat jarang dijumpai di Tempat lain.

Meskipun anda pernah jalan-jalan ke Makassar tapi belum pernah mencoba kuliner-kuliner khas Makassar, anda akan kehilangan detail dari perjalanan seru di Makassar. Paling tidak cobalah untuk mencicipi kuliner makanan khas Makassar seperti Coto Makassar, Sop Saudara, Sop Konro, Pallubasa dan Pisang Epe. Saya jamin anda akan kesulitan untuk menemukan kuliner tersebut di tempat lain. 

Pada artikel ini saya akan mencoba untuk memberikan beberapa rujukan kuliner khas makassar yang sebaiknya anda coba jika berjalan-jalan di Kota Makassar.

Coto Makassar,- Coto Makassar bisa dikatakan sebagai salah satu kuliner yang sudah terkenal pada skala nasional namun untuk menikmati coto Makassar anda harus berkunjung ke Makassar. Hal ini berdasarkan pengalaman penulis yang sangat susah menemukan coto Makassar di Daerah lain yang memiliki cita rasa yang sama. Coto Makassar merupakan kuliner khas Makassar yang terdiri irisan daging sapi yang dimasak dengan kuah khas Makassar.
masakan dan Kuliner khas Makassar
Coto Makassar Dihidangkan bersama Ketupat

Kuah coto Makassar yang sangat kental yang terbuat dari bumbu utama kacang  yang digiling kemudian diberi sensasi rasa pala menjadikan kuliner ini menjadi khas dan akan selalu terasa di Lidah. Beberapa rujukan coto Makassar yang enak di Makassar terdapat pada list berikut ini. List ini disusun berdasarkan rekomendasi dari penulis berdasarkan rasa, anda mungkin memiliki selera sendiri.
  • Coto Gagak - Jalan Gagak
  • Coto Je'ne Berang - Jalan Poros Limbung (depan terminal Cappa Bunga)
  • Coto Paraikatte - Jalan Andi Pettarani  (dekat KPU kota Makassar)
  • Coto Maros - Jalan Rajawali
Sop Saudara Andalas,- Sop saudara adalah salah satu masakan khas Makassar yang populer di awal tahun 1950 hingga saat ini sudah berbagai kedai makanan yang menjual masakan Sop Saudara. Sop saudara hampir sama dengan Coto Makassar namun terdapat perbedaan yang sengaja dibuat oleh sang empu pembuat sop saudara H. Dollahi.
Makanan Khas Makasar Sop Sauadara
Sop Saudara
Sop Saudara sebenarnya diciptakan oleh seorang pegawai penjual sop daging oleh H. Subair pada era tahun 1950-an. H. Dollahi meracik sendiri bumbu yang berdasarkan pengalaman selama menjual sop daging bersama H. subair. H. Dollahi menambahkan bihun, perkedel kentang dan jeroan sapi seperti paru, telur asin da kacang goreng. Saat ini penjual hidangan Sop Saudara sudah di jumpai hampir di seluruh sulawesi selatan. Hidangan yang paling terkenal adalah Sop Saudara cabang Andalas.

Sop Konro,- Sop konro secara harfiah berarti tulang, Konro Merupakan tulang hewan sembelihan yang pada sop konro khas bugi dan makassar terbuat dari daging sapi, kerbau atau kuda. Namun kebanyakan penjual menggunakan tulang dari sapi.
Kuliner khas Makassar
Sop Konro
Sop konro sedikit berbeda dengan Sop Iga dimana sop Konro menggunakan hampir seluruh tulang tidak hanya tulang rusuk. Sop konro menggunakan ketumbar pada kuahnya yang membuatnya memiliki rasa yang sangat kuat. Konro juga direbus bersama kacang merah dengan irisan bawang bombay jika tersedia, namun saat ini hidangan sop Konro sudah terdiri dari berbagai resep makanan mengingat usia dari resep asli sop Konro sudah ratusan tahun yang lalu.

Pallubasa,- Pallubasa hampir sama dengan coto makassar dan Sop Saudara, Hidangan disajikan dalam mangkuk berbentuk cawan dengan bumbu khas kelapa sangrai. Makan khas Makassar yang satu memiliki prosi daging yang lebih sedikit dari coto makassar karena tujuan dari pembuatan Pallubasa sebenarnya adalah hanya untuk menemani hidangan nasi.
Hidangan Khas Makassar, Masakan Khas Makassar, Kuliner  Khas Makassar
Pallubasa
Isi dalam kuliner Pallubasa adalah berbeda dengan coto Makassar, Pallubasa lebih sering dihidangkan bersama nasi putih. Saat ini hidangan Masakan khas Makassar berupa Pallubasa bisa ditemui dimana saja namun untuk di Makassar sendiri Pallubasa yang paling terkenal berada di Jl Serigala dan juga di Jl Onta. Untuk Pallubasa Jl. Serigala sendiri sudah memiliki banyak cabang di Makassar.

Pisang Epe',- Pisang epe' adalah makanan khas Makassar dengan jenis Jajanan kue yang khas. Seperti namanya pisang epe' terbuat dari bahan utama Pisang Kepok dalam kondisi hampir matang. Pisang kemudian di panggang kemudian di Geprek hingga agak pipih.
Kuliner dan jajanan khas Makassar Pisang epe'
Pisang Epe'
Keunikan dari pisang epe' terdapat pada saos yang digunakan pada saat menghidangkan makanan khas Makassar yang satu ini. Saos dari pisang epe' dibuat dari air rebusan gula jawa yang ditambahkan kelapa parut dan sedikit perasa durian. Kuliner yang satu ini sangat banyak ditemui di sekitar Pantai Losari terutama pada malam hari.

Artikel Wisata Holik Lainnya :

Scroll to top