Menelusuri 32 Obyek Wisata Pantai Di Jogja dan Sekitarnya

Wisata Indonesia,- Deretan tempat wisata di jogja adalah hal yang luar biasa yang tidak dimiliki kota lain. Yogyakarta merupakan kota wisata yang kaya akan kebudayaan serta keindahan alam yang memikat pengunjung dari berbagai kalangan. Mengeksplorasikan diri di Kaliurang, menikmati sunset di perairan Gunung Kidul, mencicipi aneka macam kuliner Jogja, mengenang sejarah situs candi, hingga membeli oleh-oleh dan cinderamata khas Jogja adalah destinasi terpavorit bagi wisatawan yang pernah menyambangi kota ini.

Sebagaimana dilansir dalam Jogja Tribun, kepala dinas pariwisata DIY, Aris Riyanta menyebutkan bahwa target di tahun 2015 adalah meningkatkan kunjungan wisata menjadi 2,6 wisatawan domestic dan 2,25 juta wisatawan macanegara yang ditahun sebelumnya telah mencapai 2,2 juta wisatwan domestic dan 1,8 juta wisatawan mancanegara.

Dari beberapa obyek wisata tersebut, berikut kami memberikan sedikit gambaran Wisata Pantai yang terdapat di Jogja dan Sekitarnya:

Wisata Pantai Parangtritis (Bantul)

Pantai perangritis merupakan pantai paling terkenal  dan terdekat dari kota jogja. Bermain layangan sambil menunggu matahari terebenam adalah hal yang sangat menarik perhatian wisatawan. Menikmati panorama indah tidak akan cukup jika hanya berpusat pada kedua disetinasi di atas, di tempat ini juga disediakan hendi sebagai kendaraan untuk menusuri pinggiran pantai. Pantai ini dilengkapi dengan reruntuhan candi  gembirawati yang berserakan di balik tebing sebelah timur pantai.

Pantai yang terkenal dengan legenda ratu dari pantai Selatan, Nyi Roro Kidul ini semakin indah dengan hamparan pasir yang luas dan memungkinkan bagi anda untuk menyalurkan hobi anda di bidang volley maupun sepak bola. Selain itu pantai ini juga dilengkapi dengan penginapan murah yang sangat baik untuk menghabiskan waktu di tempat ini.

Obyek Wisata Pantai Di Jogja dan Sekitarnya 06

Wisata Pantai Indrayanti (Gunung Kidul)

Pantai Indrayanti termasuk dari daftar wisata terbanyak dikunjungi di jogja. Pemandangan indah, tebing tinggi yang menawan, suasana pantai yang sejuk dibumbui dengan laut biru adalah spot favorit bagi penikmat wisata. 

Pesona pantai yang indah disertai dengan beberapa tempat istrhat menjadi pilihan utama bagi wisatawan yang ingin menikmati pemandangan ombak yang menerpa bebatuan pinggiran pantai. Selain itu, pantai yang terletak di gunung kidul ini dilengkapi dengan aneka makanan seafood dan aneka minuman yang dapat menemani anda meluangkan waktu ditempat ini.

Di sudut lain pantai, berderetan penginapan, café dan restoran mini yang siap untuk ditempati bagi yang ingin menginap dan menikmati liburan disini.

32 Obyek Wisata Pantai Di Jogja dan Sekitarnya 03

Wisata Pantai Glagah (Kulonprogo) 

Glagah terkenal dengan tempat bersepeda, pemancingan, ATV Ria , naik cano laguna hingga bersanrai ria dipinggiran pantai menikmati deburan ombak sambil menunggu sunset tiba di sore hari. Hal menarik yang ada di pantai ini terlihat deburan ombak yang menggulung senti demi senti dapat dinikmati hingga terpecah menjadi buih yang berhamburan di daratan.

Menikmati semangka dan beberapa jus yang dijual di sekitar pantai dapat menghilangkan dahaga dari sengatan terik matahari. Menikmati pemandangan panorama indah ditemani dengan minuman segar membuat wisatawan asyik menghabiskan waktu di lokasi ini.

temukan 32 Obyek Wisata Pantai Di Jogja dan Sekitarnya

Wisata Pantai Sundak (Gunung Kidul)

Ada sebuah legenda unik yang melekat pada pantai ini. Konon penamaan sundak dimabil dari sebuah cerita turun temurun yang menyebutkan bahwa beberapa waktu silam terjadi perseteruan dua binatang asu dan landak sehingg disingkat menjadi pantai sundak.

Pantai yang terletak di Kec. Tepus, Gunung kidul ini memiliki pemandangan indah yang tidak kalah dengan pantai lain di Jogja. Jasad-jasad renik yang bertebaran dilautan dipadukan dengan pasir putih yang diterjan ombak yang menghantam pinggiran laut menjadikan mimiliki daya tarik bagi para pengunjung. 

Menuyusuri pingguran pantai yang dikelilingi oleh pecahan bukit-bukit kapur serta pemandangan yang disuguhkan di sekeliling pantai memukau bagi para wisatawan yang hobi dengan pemotretan.

Di sekitar pantai ini juga terdapat sumur mata air tawar dan gua yang menjadi sumber mata air penduduk local. Pantai ini cocok bagi anda yang hobi dengan camping, meluangkan waktu dengan keluarga, hingga cocok bagi anda yang dating barombongan.

temukan Obyek Wisata Pantai Di Jogja dan Sekitarnya

Wisata Pantai Krakal (Gunung Kidul)

Panti Krakal tidak jauh dari pantai Sundak, Juga terletak di Tepus, Gunung Kidul. Keeksotisan pantai Krakal terlihat dari hempasan ombak yang tinggi di pinggiran batu karang. Sangat cocok bagi fotograpar yang ingin memotret beberapa pemandangan batu karang di pinggiran pantai. Di pantai ini ditemui beberapa manik-manik khas yang dijual masyarakat setempat. Selain karang yang dan oleh-oleh, panti ini mulai dilirik oleh para surfer sebagai arena surfing. Meskipun ombak yang terdapat dipantai ini tidak sebesar ombak di tempat lain, pantai ini dapat dijadikan sebagai ajang belajar surfer pemula. Hal itu mulai digandrungi oleh pelajar-pelajar setempat yang berkenjung hanya untuk menikmati hobi ini.

Pemandangan lain yang dapat dinikmati adalah cahaya matahari yang bersinar menerangi pantai dari pagi hingga sore hari sepanjang waktu. Jarak tempuh menuju lokasi dilalui dengan menapaki bukit-bukit kapur di kiri dan kanan anda.

indahnya 32 Obyek Wisata Pantai Di Jogja dan Sekitarnya

Wisata Pantai Wediombo (Gunung Kidul)

Dari sekian banyak pantai di gunung kidul, pantai wediombo adalah salah satu daerah yang banyak dikunjungi oleh wisatawan yang hobi dengan memancing. Meskipun di beberapa tempat ditemui cara instan untuk membeli ikan, tidak ada salahnya meluangkan waktu untuk berburu ikan di tempat ini. Untuk mendapatkan lokasi yang baik untuk menyalurkan hobi ini, dituntut untuk berjalan sekitar sejam menuju bukit karang terdekat. Memancing di sekitar pantai wediombo tidak akan mengecewakan para wisatawan. Pasalnya ikan yang terdapat di daerah ini terhitung besar dan layak untuk dikonsumsi. 

Spot pemandangan batu karang dipantai ini, biasa juga dijadikan oleh para fotografer untuk mengambil beberapa gambar menarik untuk dijadikan koleksi mereka.  

Wisata Pantai Jogan (Gunung Kidul)

Air terjun di tebing pantai adalah destinasi wisata yang sangat jarang ditemukan di Indonesia, pantai Jogan adalah salah satu wisata pantai terunik yang ada di Jogja. Panorama air tejun ini mengalir langsung menuju bibir pantai. Jadi selain menikmati perairan air laut anda juga bisa mengeksplorasikan diri untuk menikmati perairan air terjun. Lokasi air terjun tidak jauh dari bibir pantai sehingga dibutuhkan beberapa waktu untuk menuruni sebuah tebing tinggi. 

32 Obyek Wisata Pantai Di Jogja dan Sekitarnya wajib dikunjungi

Wisata Pantai Sepanjang (Gunung Kidul)

Pantai sepanjang Terletak di desa Kemadang, Tepus, Gunung Kidul. Pantai yang dikatakan sebagai pantai terpanjang di Gunung Kidul ini adalah salah satu daerah cocok bagi penikmat angin sepoi-sepoi. Pantai ini juga memiliki beberapa keindahan alam layaknya yang terdapat dipantai lain seperti air yang jernih, karang yang kokoh, serta beberapa tempat berjemur. 

Berlibur di kawasan sepanjang merupakan sebuah alternative yang dapat anda lakukan untuk menghilangkan beberapa pikiran terhadap keseharian anda. Tidak sulit untuk menemukan tempat ini, berhubung dena menuju lokasi wisata ini telah diperbaharui oleh pengelolah setempat.  

32 Obyek Wisata Pantai Di Jogja dan Sekitarnya


Pantai Gua Cemara

Salah satu destinasi wisata pantai yang indah yang terletak di Kabupaten Bantul Pantai Gua Cemara merupakan pantai dengan karakter hutan homogen. Nama Gua cemara diambil karena banyaknya pohon cemara udang yang tumbuh hingga daun-daun dari pohon cemara udang ini saling menyatu dan membentuk gua yang terbuat dari pohon cemara. Di pantai ini juga terdapat camping ground yang sangat luas dan teduh, jadi tidak ada alasan untuk menolak mengunjungi pantai ini. 

Salah satu destinasi wisata pantai yang indah yang terletak di Kabupaten Bantul Pantai Gua Cemara merupakan pantai dengan karakter hutan homogen. Nama Gua cemara diambil karena banyaknya pohon cemara udang yang tumbuh hingga daun-daun dari pohon cemara udang ini saling menyatu dan membentuk gua yang terbuat dari pohon cemara. Di pantai ini juga terdapat camping ground yang sangat luas dan teduh, jadi tidak ada alasan untuk menolak mengunjungi pantai ini

Pantai Baron
Pantai Kukup
Pantai Somandeng
Pantai Sadranan
Pantai Slili
Pantai Ngandong
Pantai Drini
Pantai Ngobaran
Pantai Ngrenehan
Pantai Nguyahan
Pantai Sadeng
Pantai Siung
Pantai Ngungap
Pantai Timang
Pantai Parangkusumo
Pantai Depok
Pantai Samas
Pantai Kuwaru
Pantai Pandansimo
Pantai Patehan/Pandansari
Pantai Trisik
Pantai Congot

Artikel Wisata Holik Lainnya :

Scroll to top