Tempat Wisata Alam Air Terjun di Jogja dan Sekitar yang Wajib untuk Dikunjungi

Tempat Wisata Alam Air Terjun di Jogja dan Sekitar yang Wajib untuk Dikunjungi

Wisata Indonesia. Jogja istimewa adalah salah satu semboyan dari daerah istimewa Yogyakarta memang menyimpan banyak keistimewaan didalamnya. Bentuk permukaan yang dipenuhi dengan pegunungan dengan iklim hutan tropis, Jogja menyimpan banyak pesona tempat wisata air terjun yang wajib anda kunjungi jika berkunjung ke daerah kesultanan ini. Berikut ini beberapa referensi yang sebaiknya anda jadikan pertimbangan jika ingin mengetahui lokasi air terjun yang menarik yang ada di jogja dan sekitarnya.

Air Terjun Sri Gethuk (Gunung Kidul)
45 menit dari jogja ke arah selatan, terdapat sebuah air terjun dengan bentuk has yang membelah desa wisata Bleberan. Gunung kidul yang dikenal kering dengan pegunungan karst nya ternyata menyimpan pesona wisata alam sri gethuk yang menjadi ngarai dai sungi Oya. Bentuk air terjun unik dengan beberapa undakan membuat sri gethuk selalu menjadi pilihan untuk menghilangkan penat.

tempat wisata Air Terjun Sri Gethuk (Gunung Kidul)

Jika anda bisa berenang, di ujung sungai oya terdapat kedalaman sungai yang cukup dalam untuk berenang. Air bening kehijau-hijaun dan sejuk akan merefleksi tubuh pengunjung secara alami. Untuk menikmati tempat wisata ini juga terdapat getek yang membawa pengunjung dari ujung sebelah bawah sungai dengan biaya getek 35.000 rupiah per orang untuk pulang, pergi. Untuk pengunjung yang tidak terlalu pandai berenang, tidak perlu khawatir disana terdapat tempat penyewaan alat safety seperti life jacket dan helm. Pengunjung cukup mengunjungi tempat dan having fun.

Air Terjun Curug Indah Tegalrejo (Gunung Kidul)
Klaten sebenarnya tidak termasuk bagian dari daerah Istimewa Yogyakarta, namun Akses untuk menuju kalten lebih dekat melalui bandara Adi Sucipto dibandingkan dengan akses dari ibu kota jawa timur. Terletak sekitar 60 menit di desa Tegalrejo, Curug Indah Tegalrejo,  Gunung Kidul merupakan salah satu alternative wisata alam air terjun di kota Jogja. Tempat ini belum terkenal luas namun keindahan dari tempat tidak dapat diragukan lagi. Posisi air terjun dengan banyak mata, air terjun ini dapat dinikmati mulai dari berjalan kaki dari daerah bawah. Curug ini juga dikenal sebagai curut Bayat mengingat akses terdekat dengan curug ini melalui Klaten. 

Tempat wisata Air Terjun Curug Indah Tegalrejo (Gunung Kidul)

Curug Indah Tegalrejo belum dikelola secara profesional sehingga harga penduduk local hanya akan mengenakan tariff parker di curug ini sebesar 3000. Susan air hutan tropis akan menemani anda menikmati air terjun. Jika ingin berenang, di bagian bawah terdapat satu curug lagi dengan kedalaman 3 meter dengan ketinggian 6 meter. Punya sedikit nyali, Air terjun menantang anda untuk loncat dari ketinggian tersebut, selanjutnya anda hanya perlu berbagi kepada teman mengenai  pengalaman indah di Curug Indah Tegalrejo.

Air Terjun Jogan (Gunung Kidul)
Kalau pada umumnya Air terjun selalu ada di daerah tinggi seperti gunung, Wisata alam air terjun Jogan adalah salah satu air terjun istimewa di daerah istimewa Yogyakarta. Terletak di Wisata Alam Pantai Jogan, Air terjun Jogan akan memanjakan para pengunjung dengan suasana air terjun dan pantai secara bersamaan. Sekali melangkah dua tempat wisata anda akan temui. Ketinggian air terjun berkisar 5 meter akan menemani anda untuk menikmati pantai selatan dengan deburan ombak yang khas. Pantai sangat indah pada saat matahari Terbenam sehingga ini akan menjadi salah satu wisata air terjun terbaik di Daerah istimewa Yogyakarta.

tempat wisata Air Terjun Jogan (Gunung Kidul)

Air terjun jogan salah satu bagian daerah wisata pantai di kidul, Jika anda ingin kesana cukup untuk berjalan terus ke Timur dari pantai Indrayanti. Selain dari pesona air terjun, di Pantai ini pula anda bisa memancing dari tebing tinggi, yah untuk kali ini anda butuh jorang yang getas dengan senar yang panjang, lumayan jika mendapatkan ikan besar dari samudra Hindia.

Air Terjun Sidoharjo (Kulon Progo)
Bosan dengan suasana panas di Kota Jogja? Di Kulon Progo terdapat sebuah air terjun dengan ketinggian 75 meter yang mengalirkan air deras. Letak air terjun sidoharjo berada sebelum Waduk Sermo. Terdapat tulisan MTS Sidoharjo sebelah kanan jalan menanjak, anda kemudian harus berjalan sekitar 15 menit dari tempat parker untuk dapat menikmati Air Terjun Sidoharjo.

Tempat Wisata Air Terjun Sidoharjo (Kulon Progo)


Air terjun khas pegunungan karts ini akan menyegarkan pikiran anda dengan suasana yang jauh dari keramaian. Pada air terjun terdapat beberapa batu karts dengan ketinggian 3 sampai 4 meter untuk sekedar menikmati wisata alam air terjun Sidoharjo di daerah istimewa Yogyakarta.

Air Terjun Gorjogan Sewu (Kulon Progo)
Satu lagi persembahan Wisata alam air terjun dari Kabupaten Kulon Progo, Yogyakarta. Mungkin anda akan bingun dengan nama Grojogan Sewu yang juga wisata air alam air terjun yang ada di Jawa Tengah. Air Terjun Grojogan Tepatnya berada pada dusun Beteng di Desa Jatimulyo, kecamatan Girimulyo, Kulon Progo. Sewu juga terdapat di Kulon Progo. 

tempat wisata Air Terjun Gorjogan Sewu (Kulon Progo)


Air terjun membentuk beberapa jeram  yang sangat indah dan diminati para pelancong. Pohon yang rindang akan menambah suasana air terjun. Akses utama ke air terjun Grojogan Sewu dengan cara mencari pasar Jonggrangan, dari pasar ini akan terdapat banyak papan penunjuk arah jalan menuju wisata alam air terjun grojogan sewu.

Air Terjun Kembang Soka (Kulonprogo)
Kulon progo memang terkenal dengan suasan pedesaan yang asri dan kota seribu air terjun. Wisata alam air terjun yang satu ini diambil dari tanaman soka yang banyak tumbuh di sekitar air terjun. Wisata alam air terjun kembang soka di Kulon Progo ini sebenarnya memiliki dua warna air. Keunikan warna ini adalah hijau toska dan air yang berwarna putih Tidak hanya air yang memiliki dua warna, Beberapa batuan yang ada di Wisata Alam Air terjun Kembang Soka di Kulonprogo ini memiliki warna kuning dan ada juga yang berwarna kemerahan. Untuk mencapai air terjun ini, anda hanya perlu berkunjungi di dusun Gunung Kelir, Desa Jatimulyo tepatnya di Kecamatan Girimulyo kabupaten Kulonprogo.

Wisata alam Air Terjun Kembang Soka (Kulonprogo)

Artikel Wisata Holik Lainnya :

Scroll to top