Tempat wisata candi di Jogja yang wajib dikunjungi travel holic

Tempat wisata candi di Jogja yang wajib dikunjungi travel holic

Wisata Indonesia. Yogyakarta merupakan kota yang kaya akan warisan budaya menyimpan seribu cerita sejarah dan budaya yang sangat unik, tidak salah jika semboyan daerah istimewa ini disebut dengan nama Jogja Istimewa. Salah satu dari warisan budaya yang menjadi bukti sejarah adalah banyak terdapat tempat wisata candi di Jogja yang wajib dikunjungi travel holic. Berikut ini Wisata Indonesia akan membahas mengenai beberapa candi di Jogja dan sekitar yang wajib dikunjungi oleh travel holic ketika jalan-jalan di jogja. Jadi jangan sampai anda ketinggalan satu candipun untuk dijadikan pengalaman yang tak terluapakan.

Candi Borobudur
Sebenarnya candi ini tidak terletak di Daerah Istimewa Yogyakarta melainkan berada di Provinsi Jawa Tengah tepatnya di Magelang. Namun Jika dibandingkan dengan jarak tempuh, Candi Borobudur akan lebih dekat dengan kota Jogja dibandingkan dengan Semarang, Ibu Kota Jawa Tengah. Candi Borobudur terletak 40 km dari dari kota yogya menuju arah magelang. 

Candi Borobudur Tempat Wisata Candi di Jogja

Candi ini adalah salah satu candi warisan dunia yang kaya akan nilai sejarah. Hampir seluruh nilai sejarah dari candi Borobudur terukir pada dinding Candi berbentuk relief mengenai sejarah. Secara harfiah candi ini berarti seribu budha, nama ini berasal dari banyaknya patung budha yang ada pada candi, Stupa besar yang unik akan menemani anda berjalan ke abad pertengahan. Jika pelajaran sejarah membuat anda sedikit pusing dan kebingungan, Pemandangan matahari terbenam atau sunset di candi ini merupakan salah satu tempat yang paling baik untuk menikmati sejenak matahari berhenti di peraduannya.

Candi Ratu Boko
Candi Ratu boko merupakan salah satu dari tiga candi besar yang dijadikan tempat wisata di Jogja. Candi Ratu Boko diperkirakan dibangun sekitar abad ke delapan atau ke Sembilan. Candi ini dibangun oleh sang maestro pada masa dinasti Syailendra oleh Rakai Panangkaran. Candi Ratu Boko juga terkenal dengan nama Abhayagiri Vihara atau secara harfiah berarti biara yang penuh dengan kedamaian.

Tempat Wisata Candi di Jogja Sunset

Bentuk candi ratu Boko adalah Istana Ratu Boko yang sekarang sudah tampak reruntuhan banguna candi yang belum tersusun rapi. Candi berbentuk kompleks dengan berbagai ruangan dan tepat didalamnya. Di dalam candi ini juga terdapat telaga dan juga sungai. Candi ratu book terletak berdekatan dengan candi prambanan yang juga menjadi salah satu tempat untuk menikmati sunset di kota Jogja.

Candi Prambanan
Roro Jonggrang adalah nama yang melegenda di balik candi ini. Dahulu kala ada seorang raja yang berniat mempersunting seorang putri yang disebut ratu Boko. Ratu Boko yang tidak menyukai sang Raja menunjukkan penolakan dengan mengajukan syarat agar dibuatkan seribu candi dalam waktu satu malam. Sang raja yang terkenal sakti mandraguna dan bisa memerintah Jin akhirnya bekerja sama dengan Jin untuk membuat Candi hanya dalam satu malam. Roro Jonggrang yang mulai melihat candi yang dipersyaratkan hampir selesai kemudian berbuat curang dengan membakar api unggung besar di ufuk timur seolah-seolah pagi telah tiba. Karena merasa ditipu oleh sang gadis, sang raja pun akhirnya murka dan mengutuk roro jonggrang menjadi candi keseribu dan akhirnya menjadi bagian dari Candi Prambanan.
Tempat Wisata Candi roro jonggrang di Jogja

Candi Prambanan adalah sebuah candi yang terletak di kabupaten Klaten atau sekitar 30 menit dari Jogja. Untuk mengunjungi candi ini anda bisa masuk ke salah satu hal trans Yogyakarta karena candi ini merupakan salah satu rute dari trans Yogyakarta. 

Candi Plaosan
Candi Plaosan merupakan kompleks bangunan kuno peninggalan kerajaan Mataram dengan corak Hindu. Sejarawan memperkirakan pembangunan candi ini dilakukan pada abad ke Sembilan masehi. Berdasarkan corak yang muncul pada relief candi ini, diduga pembangunan candi terinspirasi dari dua corak budaya yakni hindu dan budha. Candi Plaosan memiliki kualitas relief yang identik dengan candi Borobudur, Candi Sewu dan dan candi Sari. 

Tempat Wisata Candi di Jogja komplek sejarah

Plaosan diyakini  warga lokal sebagai kisah asmara antara Pramudya Wardhani dan Rakai Pikatan. Berdasarkan cerita tersebut mengunjungi candi ini diyakini akan menjadi berkah tersendiri bagi para pasangan yang berkunjung. Candi ini juga popular dikunjungi oleh pasangan suami istri yang belum dikaruniai anak. Anda tertarik mencobanya? Silahkan untuk menikah terlebih dahulu.

Candi Kalasan
Candi ini merupakan salah satu dari sekian banyak tempat wisata candi di Jogja yang bercorak Budha. Candi kalasan juga termasuk candi tertua. Lokasi candi kalasan berdekatan dengan Candi Prambanan yakni di Jalan Joja-Solo. Sama halnya dengan Candi Borobudur, Candi Kalasan dibangun oleh konseptor yang sama, Yakni Rakai Panangkaran. Sayangnya candi ini masih dalam proses pemugaran, bangunan berupa candi yang berdiri tegak hanya satu unit saja, sisanya masih dalam pencarian bentuk atau dalam proses rekonstruksi.

Tempat Wisata Candi di Jogja yang paling indah

Candi Sewu
Seperti namanya, candi terdiri dari ribuan candi kecil yang juga terletak satu kompleks dengan Candi Prambanan, namun keberadaannya sering dihiraukan oleh pengunjung.  Beberapa bagian dari candi Sewu terpisah jauh dari kompleks bangunan utama candi Prambanan.  Hal ini yang menjadi alas an utama candi sewu jarang dikunjungi pengunjung ketika mampir ke Prambanan. Sebenarnya ada akses masuk ke dalam candi dari bagian belakang candi yang lebih dekat, namun petugas di sana tidak akan memberikan untuk menggunakan pintu masuk bagian belakang. 

Tempat Wisata Candi di Jogja preweeding

Demikianlah daftar Tempat wisata candi di Jogja yang wajib dikunjungi oleh sahabat travel holic. 

Artikel Wisata Holik Lainnya :

Scroll to top