Lokasi Adventuring di Tempat Wisata Yogyakarta Goa Pindul - Gunung Kidul

Wisata Holik. Yogyakarta memiliki pesona alam yang melimbah yang dapat dijadikan objek wisata. Mulai dari pemandangan hijau yang memanjakan mata, tempat nyaman untuk melepas penat hingga yang menguji adrenalin. Bagi wisatawan yang memiliki hobi wisata caving atau susur goa, Goa Pindul wajib anda kunjungi.

Goa pindul terletak di desa Bejiharjo, Kecamatan Karang Mojo, Kabupaten Gunung Kidul. Memiliki aliran sungai bawah tanah yang mengalir di dalamnya, membuat wisatawan yang ingin melakukan susur Goa harus menggunakan ban pelampung, yang menjadi ciri khas Goa ini. Aliran sungai yang tidak berarus deras, membuat wisatawan tidak perlu khawatir ketika melakukan susur Goa.

Lokasi Tempat Wisata Yogyakarta Goa Pindul di Jogja Gunung Kidul
Menysuuri Goa Pindul dengan Ban - paketwisatajogja75.com


Selama menjalani susur goa wisatawan akan melalui tiga zona pencahayaan yaitu zona gelap, zona remang, dan zona terang, dimana setiap zona akan memiliki keunikan masing-masing. Sebelum masuk kedalam goa wisatawan akan dibekali dengan head lamp / senter sehingga memudahkan wisatawan untuk melihat sekeliling Goa, ditambah jasa pemandu yang akan menemani serta menjelaskan sejarah dan kisah-kisah yang berkaitan dengan Goa Pindul.

Didalam Goa mata anda akan dibuat takjub oleh stalaktit dan stalagmit bentukan alam yang unik dan menakjubkan. Wisatawan akan menemeukan stalaktit yang besarnya menjangkau atap gua hingga menembus kedalam air sehingga menyerupai sebuah pilar. Adapula stalaktit yang masih aktif mengeluarkan tetesan air. Ornamen goa pun tak kalah unik karena menyerupai lukisan abstark hasil aliran air dan aktivitas kelelawar penghuni goa pindul. Selama penelusuran goa wisatawan akan melihat banyak kelelawar bergelayut di dinding goa, tak perlu khawatir karena kelelawar ini tidak akan menganggu. Penjelasan mengenai stalaktit beserta mitos yang menyertainya juga akan di sampaikan oleh pemandu. Bahkan pemandu akan mempersilahkan wisatawan yang ingin membutikan mitos-mitos stalaktit dan tetesan airnya.

Jalan tercepat terpendek dari Jogja ke Gua Pindul Via Getuk
Sisi lain dari Gua Pindul - Guapindul.com

Pada Goa Pindul terdapat suatu ruang dimana terdapat lubang besar, yang ketika sinar matahari masuk kedalam Goa melalui lubang tersebut maka akan menyebabkan Goa perpendar indah dan seolah menimbulkan suasana magis. Pada ruang ini biasanya wisatawan tak ingin melewatkan kesempatan untuk berfoto dan mengabadikan momen magis tersebut. Pemandu akan mempersilahkan wisatawan untuk turun dari ban pelampung dan berdiri diatas tepi-tepi goa untuk berfoto, bahkan wisatawan dapat melakukan lompat indah demi memperoleh hasil foto yang lain dari biasanya. Namun yang perlu menjadi perhatian wisatawan, mengingat arah sinar matahari yang berubah-ubah maka waktu yang terbaik untuk melihat cahaya ini dengan penyinaran sempurna adalah ketika hari cerah dan berkisar pukul 10-12 siang. Akhir dari susur goa adalah sebuah dam terbuka. Wisatawan yang ingin menguji adrenalin dapat mencoba melombat dari teping-teping sekitar goa yang memiliki ketinggian beragam, tentu saya dengan pengawasan pemandu.

Lokasi Tempat Wisata Yogyakarta Goa Pindul terabru murah

Wisatawan yang ingin menikmati keunikan goa pindul harus membayar biaya retribusi masuk sebesar 10.000, sedangkan untuk biaya tiket sebesar 35.000 per/orang dan istimewanya karena biaya ini sudah termasuk perlengkapan ban pelampung, jaket pelampung, dan head lamp, Bagi wisatawan yang ingin mengabadikan momen selama perjalanan menyusuri goa namun tidak ingin repot memegang kamera, tersedia juga jasa foto yang akan mengikuti ada, dan filenya dapat anda ambil setelah puas menikmati destinasi ini. Dengan segala keunikan dan kelengkapan yang ditawarkan maka Goa Pindul sangat direkomendasikan untuk anda kunjungi.Wisata Jogja.

Artikel Wisata Holik Lainnya :

Scroll to top