Wisata Kuliner Khas Sulawesi Selatan Pisang Epe

Wisata Kuliner. Pernah berkunjung ke Makassar? Jika pernah anda pasti mengenal Pantai Losari dan Pisang Epe. Banyak orang yang mengatakan bahwa tanpa menikamti ke dua hal tersebut anda belum dapat di kategorikan orang yang pernah berkunjung ke kota Anging Mammiri kota para daeng ini. Jika anda memiliki rencana untuk berkunjung ke Kota Makassar, luangkanlah waktu sejenak pada saat sore hari menjelang senja untuk jalan-jalan di Pantai Losari dan menikmati Kuliner Tradisional Makassar yang dikenal dengan Pisang Epe'.

Bahan dasar pembuatan Pisang Epe


Cara Membuat Pisang Epe Makassar

Hampir semuka jajanan kuliner tradisional suku Bugis Makassar berbahan dasar pisang yang di kenal dengan nama lokal sebagai unti, utti, atau loka. Termasuk Pisang Epe', secara harfiah Pisang Epe adalah pisang yang dijepit atau di epe' dengan menggunakan papan sampai berbentuk agak datar. Kemudian disajikan dengan gula kelapa. Pisang epe adalah salah satu penganan tradisional yang masih bertahan tergerus penganan modern yang menginvasi Makassar. Untuk membuat pisang Epe' rasa original paling tidak bahan-bahan yang harus disiapkan berupa:

  1. Pisang Kepok Setengah Matang yang ditandai dengan warna Kuning.
  2. Gula Merah / Gula Jawa atau Gula Aren
  3. Parutan Kelapa Sangrai
  4. Buah Durian 
  5. Coklet, Keju, dan Meses (Sebagai Pelengkap yang ingin mencoba varian rasa baru.

Cara pembuatan pisang Epe terbilang cukup mudah dan sederhana, yakni dengan memisahkan pisang dari kulitnya kemudian dipanggang di atas bara kecil sampai beberapa bagian kecil dari pisang berwarna hitam. Setelah agak hitam, Pisang kemudian ditekan dengan papan sampai berbentuk agak pipih kemudian dipanggang lagi di atas bara sampai agak kering. Setelah kering, pisang disajikan di atas piring dengan kuah gula merah yang direbus bersama durian halus dan parutan kelapa parut yang tentu saja rasanya yummi. Pisang enak cukup enak dinikmati saat hangat.

Bagi anda yang berkunjung ke Makassar anda bisa menikmati pisang epe di sepanjang jalan Lamaddukelleng Makassar di bagian belakang sekolah Katolik Cendrawasih atau bisa anda nikmati pisang Epe dengan suasana yang lebih romantis mulai dari sore hari hingga malam hari di Anjungan Pantai Losari dan disepanjang jalan Ujungpandang dan juga Somba Opu. Kuliner ini dapat dinikmati dengan rentang variasi harga mulai dari Rp. 10.000 sampai Rp. 15.000 untuk tiga potong pisang Epe rasa original dan Rp. 20.000 untuk tiga potong rasa Coklat ataupun keju.

Artikel Wisata Holik Lainnya :

Scroll to top