Tempat Wisata Taman Budaya Raden Saleh (TBRS) Semarang

Obyek Wisata Taman Budaya Raden Saleh (TBRS) Semarang - Sebagai Ibukota Jawa Tengah, Semarang memiliki beragam objek wisata yang menarik untuk dikunjungi. Tidak hanya wisata wisata alam, budaya hingga wisata kuliner, di semarang akan ditemukan berbagai jenis wisata yang sayang untuk dilewatkan begitu saja. 

Jika di Jakarta terkenal dengan Taman Ismail Marzuki, lalu di Jogja familiar dengan Taman Budaya Jogjakarta, Semarang juga memiliki taman buadaya yang tak kalah dengan taman budaya di kota lain. Taman budaya ini dijadikan sebagai pusat budaya dan kesenian di Semarang, yaitu Taman Budaya Raden Saleh atau biasa disingkat dengan nama TBRS Semarang.

Taman Budaya Raden Saleh (TBRS) ini berada di pusat kota Semarang yaitu di Jalan Sriwijaya No 29 yang membuat TBRS mudah dijangkau serta tak pernah sepi pengunjung. Taman ini memiliki luas sekitar 90.000 m2 dimana dahulu taman budaya ini berupa sebuah kebun binatang yang kemudian di pindahkan ke tempat lain.

Tidak heran jika tmana ini masih berlantaikan tanah yang dihiasi dengan pepohonan rindang yang mengitari lokasi wisata. Beberapap pepohonan serta konturnya masih berupa tanah membuat taman budaya ini begitu sejuk.

Ada bergam objek wisata yang ada tempat  ini, seperti pengunjung akan disajikan sebuah patung Raden Saleh yang sedang memegang keris. Lalu di sisi sebrang ada patung Ki Narto Sabdo dan di belakang patung terdapat gedung kesenian Ki Narto Sabdo yang biasanya menjadi tempat pementasan berbagai kesenian di Kota Semarang.

Di sebelah gedung Ki Narto Sabdo terdpaat deretan rapi gallery seni yang menjual berbagai pernak pernik kesenian dari para seniman Kota Semarang. Selain itu terdapat sebuah Gedung Serba Guna, Kantor Pengelolaan TBRS serta Kantor Dewan Kesenian Semarang atau biasa diseingkat dengan nama Dekase. Bagi pengunjung yang ingin menikmati pepohonan yang ada atau hanya berjalan jalan saja, di sekitar taman terdapat beberapa bagunann pendopo joglo yang digunakan sebagai tempat beristirahat para pengunjung.

Harga Tiket Wisata TBRS Semarang

Pada malam-malam tertentu, TBRS terdapat berbagai kegiatan pagelaran seni budaya yang rutin digelar. Pertunjukan seni budaya ini biasa digelar di Gedung Kesenian Ki Narto Sabdho. Pertunjukan tersebut diantaranya pertunjukan wayang orang oleh Ngesti Pandawa setiap Sabtu Malam, wayang kulit setiap Malam Senin Pahing, serta musik keroncong oleh Komunitas Keroncong setiap hari Rabu terakhir. Untuk harga tiket masuk pertunjukanna begitu terjangkau, dimulai dengan harga Rp 10.000 hingga Rp 25.000,- rupiah saja.

Destinasi Wisata Taman Budaya Raden Saleh

Jika pengunung merasa lapar maupun haus, tidak perlu keluar dari kompleks TBRS untuk mencari makanan maupun minuman. Karena di dalam kompleks TBRS terdapat berbagai macam menu makanan serta minuman yang di tawarkan di pujasera TBRS.

Artikel Wisata Holik Lainnya :

Scroll to top