Daftar Tepat Wisata Air Terjun Terindah di Kabupaten Gowa, Sulawesi Selatan

Daftar Tepat Wisata Air Terjun Terindah di Kabupaten Gowa yang Harus Kamu Kunjungi

Wisata Holik. Kabupaten gowa adalah salah satu kabupaten yang terletak di bawah kaki gunung Bawakaraeng yang memiliki ketinggian sekita 3500 meter di atas permukaan air laut. Sebagai salah satu kabupaten yang terletak di kaki gunung tinggi, keberadaan air tentu saja bukan malasah besar justru sangat melimpah sebagai salah dampak untuk sektor pariwisata, Kabupaten Gowa ternyata memiliki banyak daftar air terjun baik yang sudah memiliki nama maupun yang belum memiliki nama. Apa saja nama nama air terjun yang cantik yang ada di kabupaten gowa? berikut ini daftar air terjun cantik yang patut kamu kunjungi pada musim liburan.

Air Terjun Parangloe – Kecamatan Parangloe

Air terjun Parangloe adalah air terjun yang cantik yang terletak di desa Parangloe, Kecamatan Parangloe. Terletak kurang lebih 35 km dari kota Gowa dan 50 km dari pusat kota Makassar. Letak pintu masuk air terjun Parangloe berada di jalan poros Gowa-Malino dan ditempuh dalam wakti kurang lebih 90 menit dengan kecepatan normal. Jalan masuk air terjun berada tepat di sampain Manggala Agni Daops Parangloe, namun akses jalan masuk dari pinggir jalan masih sangat jauh yakni sekitar 2 km oleh karena sebaiknya memarkir kendaraan di samping kantor Manggala Agni atau disamping kanotr Perhutani.
 
 Daftar Tepat Wisata Air Terjun Terindah di Kabupaten Gowa, Sulawesi Selatan Air terjun parnag loe
 
Air terjun parang bisa dikatakan sebagai salah satu air terjun terindah di Gowa bahkan di Sulawesi Selatan karena bentuk air terjun yang unik. Air terjun Parangloe terdiri dari tiga tingkat namun yang paling indah berada pada tingkat terkahir. Pad tingkat terkahir air terjun teridir dari susunan baru sehongga aliran air terbagi menjadi dua jenis yakni aliran besar yang kuat seperti air terjun baasa dan yang kedua aliran pelan yang dibentuk oleh susunan batu yang laindai sehingga aliran air kecil yang indah.Tips yang paling sering diberikan oleh penduduk sekitar adalah silahkan nikmati air terjun dari jarak jauh karen aterkadang air bah sering datang terlebih pada musim penghujang.
 
air terjun angker kabupaten gowa dan makassar parangloe

Air Terjun Bulan – Kecamatan Tinggi Moncong

Air terjun Bulan adalah salah satu air terjun pendek namun indah yang terletak di kecamatan Tinggimoncong daerah Kelurahan Malino. Air terjun terletak kurang lebih dari 72 km dari kota Makassar atau sekitar 3 jam perjalanan. Rute penanda ke kair terjun berada tepat di depan asrama tentara Malino sebalah kanan dari kota Makassar. Setelah belokan kekanan, ikuti saja jalan yang ada kemudian ada penunjukkan jalan kurang lebih 3 km dari pertigaan awal yang bertuliskan air terjun bulan.

Air terjun Bulan memiliki dua tingkatan yang bisa di akses dari tempat yang sama. Air terjun ini relative pendek yakni sekitar 20 meter namun ada kolam besar di bawah air terjun yang lumayan lebar untuk beredam dan berenang. Ada batasan dari kolama almi tersebut yang dibatasi dengan tali hal ini untuk berjaga-jaga jika ada kayu atau batang pohon yang besar jatuh di aluran sungai yang terbawa turun ke air terjun. Dikenakan tariff sekitar 5000 rupiah untuk masuk ke air terjun ini.

Air Terjun Biroro – Kecamatan Tinggimoncong

Satu lagi persembahan kecamatan tinggimocnong dalam bidang pariwisata kabupaten Gowa, yakni Air Terjun Biroro. Aur terjun berada di desa Bonrolurang yang berjarak 2 km dari kelurahan wisata Malino atau sekitar 20 menit dari pusat kota. Air terjun bersumbe rlangsung dari gunung bawakaraeng dan mengalir terus menerus dari ketinggian 15 meter. 

Akses air terjun harus ditempuh dengan jalan kaki sejauh 200 meter. Aksis yang yang harus ditepuh dengan cara berjalan kaki dan mengitari hamparan sawah yang indah membuat perjalanan akan semakin seru. Selain itu panorama dari suasana pedesaan di kaki gunung Bawakaraeng juga tidak kalah asri dan sejuk. Dibawah air terjun ada sebuah kolam yang memiliki kedalam kurang lebih 8 meter sehingga tidak disarankan berenang dibawah air terjun tanpa pelampung.

Air Terjun Ketemu Jodoh – Kecamatan Parigi

Air terjun ketemu Jodoh berada di desa Majannang di kecamatan Parigi. Meskipun berada di kecaatan Parigi. Air terjun Ketemu Jodoh lebih dekat di akses melalui kecamatan Tinggi Moncong. Akses masuk air terjun dapat ditandai dengan papan penanda air terjun Takapala dan air terjun ketemu jodoh yakng hanya terpisah 250 meter dari air Takapala. Lokasi air terjun yang terletak dipinggir hutan dan harus menyusuri tebih setinggi 30 meter akan memberikan pengalaman yang tak terlupakan di air terjun ketemu jodoh.

Air terjun ketemu jodoh memiliki ketinggian kurang lebih 10 meter dengan kolam tampunganair seluas 2 are yang bisa dijadikan tempat berenang. Sama seperti air terjun bulan, ada larangan berenang tepat di pusat air terjun karena kemungkinan ada batang kayu yang jatuh di daerah air dapat membahayakan nyawa anda. Nama ketemu jodoh sendiri berasal dari legenda yang tersebar di daerah malino yakni barang siapa yang mandi di bawah air terjun ini akan dimudahkan jodohnya. Percaya atau tidak percaya tidak ada salahnya mengunjungi tempat ini dengan niat berwisata namun jika anda beruntung anda akan menemui orang-orang yang melakukan ritual “appaturung” yang memberikan beberapa makanan yang boleh dimakan oleh siapa saja. 
 
dimana air terjun ketemu jodoh agar bisa cepat nikah dan kawin
 

Air Terjun Lembanna – Kecamatan Tombolo Pao

Air tejun Lembanna berada di desa Lembanna yang berada di dekat kebun the Malino. Air terjun berada tepat di jalur pendakian gunung Bawakaraeng dan Lembah Ramm ayang berada di belakang pedesaan warga. Air terjun berada pada ketinggian 1500 meter dan mengalir air terjun lebar di tenagh lemabh. Di daerah air terjun ada lembah yang sedikti datar sehingga bisa digunakan untuk membangun camping ground dan cukup luas untuk mendirikan 4 sampai 5 tenda. Masuk ke air terjun masih gratis karena warga desa yang sangat bersahaja dan ramah terhadap para pengunjung.
 
Siapa penyerang air aterjun lembanna desa lembanna sengketa tanah tidak terselesaiakan
 

Air Terjun Tassese – Kecamatan Manuju

Air terjun Tassese berada di desa Taseses yang berbatasan dengan desa Tassimbungan. Air terjun berada di lembah Kaki gunung bawakaraeng yang dapat diakses dari gowa kemudian belok kanan di pertigaan bendungan bili-bili. Perjalan sekitar 40 km dari kabupaten gowa dengan rute perjalana yang terjal namun jalanan sudah diaspak mulus. Anda hanya perlu mencari batas desa Tasese dan Desa Tassimbungan yang dapat diakses dari samping jembatan perbatasan desa tersebut. Sebuah sungai kecil dengan ketinggian air 15 cm meter harus disusuri terlbih dahulu sebelum akhirnya naik ke jalanan tanah sekitar 30 menit. Setelah itu anda kan mendapati air terjun dengan ketinggian 30 meter dan bentuk aliran halus seperti air terjun kelambu. Sama seperti air terjun lainnya, di daerah ini tidak ada pungutan retribusi dan perawatan karena masih sunyi dari kunjungan orang yang berwisata.

Kecamatan Manuju samping bili bili indah dan keren

Nah tunggu apalagi anda harus segara menyiapkan tenaga dan waktu untuk menikmati air terjun tersebut. Jangan sampai ketinggalan upload foto sendiri di air terjun yang masih sunyi dari pengunjung. Jangan lupa bawa bekal yang cukup dan baterai kamera yang banyak biar hunting fotonya bisa bosan dan tidak menyesal.

Artikel Wisata Holik Lainnya :

Scroll to top