Daftar Tempat Wisata Jogja di daerah Kaliurang yang Wajib Anda Kunjungi

Wisata Holik - Daerah kaliurang terlatak di Kabupaten Sleman Yogyakarta merupakan daerah yang memiliki banyak tempat wisata. Kelebihan daerah ini adalah memiliki udara yang sejuk dan akses yang tergolong mudah dan beraspal, sehingga ketika wisatawan berkunjung ke Yogyakarta maka daerah ini menduduki list pertama yang wajib dikunjungi.

Daerah kaliurang selain memiliki destinasi wisata alam yang menyejukkan mata, juga memiliki objek wisata unik yang rugi bila dilewatkan. Berikut ini adalah tempat wisata yang wajib anda kunjungi ketika bertandang ke daerah kaliurang.

1. Museum Merapi


Museum gunung Merapi berada di Jl. Kaliurang, Dusun Banteng, Desa Hargobinangun Kecamatan Pakem. Memiliki posisi dilereng merapi, menyebabkan wisatawan dapat melihat gagahnya gunung merapi dari beranda musem yang seakan mengucapkan selamat datang kepada para wisatawan.

Museum ini merupakan Information Centre bagi wisatawan yang ini mengetahui seluk beluk gunung merapi dan kebencanaan dari aspek ilmiah hingga sosial budaya. Berbagai fasilitas disediakan dalam mesum ini untuk melegakan dahaga keingintahuan wisawatan. Mulai dari maket besar yang memperagakan keadaan ketika erupsi terjadi, dokumentasi perkembangan gunung berapi dari tahun ke tahun, panel ilustrasi dan simulasi, serta alat peraga mengenai fenomena gunung merapi yang selama ini terjadi di Indonesia. Tidak ketinggalan sisa-sisa benda muntahan gunung merapi.

Panel industri berupa sketsa kartun juga terdapat di mesum ini, yang membuat penjelasan tidak terlalu berat untuk dipahami bagi wisatawan yang mengajak anak-anak. Selain menyediakan berbagai informasi mengenai gunung merapi mesum ini juga menampilkan ilustrasi dan simulasi bencana gempa bumi dan tsunami beserta penjelasan sebab dan akibatnya yang semakin menambah kelengkapan informasi mengenai ilmu kebencanaan.

Duka dan rundung pada saat gunung merapi meletus lagi
Museum Merapi

Museum yang terdiri dari dua tingkat ini memiliki mini teater berkapasitas lebih dari 40 orang. Mini teater ini akan memutar film dokumenter mengenai gunung merapi dari dua sudut pandang, sehingga dapat menjadi bahan renungan bagi wisatawan. Dengan segala fasilitas dan ilmu pengetahun yang terdapat didalam museum ini rugi rasanya ketika anda tidak mengajak keluarga anda untuk berkunjung.

2. Merapi Lava Tour


Puas menambah pengetahuan di meseum merapi, Wisatawan dapat melihat langsung bekas aliran lahar panas pasca letusan gunung merapi tahun 2010 melalui destinasi Merapi Lava Tour, yang menarik dari destinasi ini adalah wisatawan melakukan touring menggunakan Jeep / Land over.

TAwraan paket Wisata Lava TOur MErapi di rumah mbah marijan
Merapi Lava Tour / Wisataadventurejogja.com

Ditemani keaktifan merapi mengepulkan asapnya, wisatawan juga diajak mengaktifkan adrenalin melalui manuver-manuver pengemudi jeep ketika mengitari hamparan pasir luas dan bebatuan besar serta melalui turunan sempit dan terjal yang tak jarang dengan kecepatan tinggi. Setelah menyusuri hamparan pasir dan bebatuan, wisatawan kemudian diajak melewati kali kuning, keseruan akan semakin bertambah ketika tanpa mengurangi kecepatan jeepnya pengemudi langsung masuk ke kali kuning yang menyebabkan semua penumbang jeep kebahasan.

Bila anda ingin mencoba destinasi ini disarankan untuk menggunakan masker dan kacamata agar terhindar dari debu yang berterbangan. Serta gunakan pakaian yang nyaman dan dapat melindungi anda dari lamanya terpaan sinar matahari. Selain menguji adrenalin, Merapi Lava Tour juga akan membawa anda mengujungi objek wisata menarik seperti Bungker Kaliadem, Mini Museum Sisa Hartaku yang menggambarkan kedahsyatan erupsi merapi tahun 2010, Tidak ketinggalan rumah serta makan mbah marijan yang tersohor.

3. Telogo Putri


Daerah kaliurang tidak hanya menyajikan wisata gunung merapi yang eksotis namun juga wisata air yaitu Telogo Putri yang terletak di lereng selatan merapi. Tepatnya daerah Hargobinangun, Pakem, Sleman. Memiliki hawa sejuk dan pemandangan hijau yang merilekskan mata. Telogo putri pada dasarnya adalah embung yang memiliki fasilitas berkano dan bebek air serta dilengkapi dengan arena permainan anak-anak, sehingga layak dijadikan tempat wisata keluarga.

jalan lain menuju kaliurang gratis tanpa pos penjagaan
Telogo Putri / Wisataku.id

Kelebihan lain tempat ini adalah wisatawan dapat melihat secara langsung monyet-monyet liar bergantungan namun ramah pengunjung serta dapat berjalan-jalan di seputar Telogo Putri yang memiliki banyak spot menarik untuk berfoto serta warung yang menjajakan kuliner khas kaliurang.

Bagi wisatawan yang memiliki hobi tracking dapat menyusuri tempat wisata yang tidak terlalu jauh dari telogo putri yaitu Telogo Muncar. Bila berencana menyambangi tempat wisata ini sebaiknya pada hari minggu karena akan disajikan pertunjukkan seni tradisonal yang tidak dipungut biaya.

4. Goa Jepang

Goa Jepang menyediakan wisata sejarah karena dibangun pada zaman penjajahan jepang di Indonesia dan berfungsi sebagai tempat perlindungan dan penyimpanan senjata. Terletak di komples wisata alam Nirmolo Kaliurang, Gua Jepang menuntut wisatawan melakukan perjalanan yang menanjak dan berliku, sehingga kondisi prima wisatawan diperlukan untuk menjangkau lokasi Goa ini. Apabila wisatawan berencana untuk mengunjungi goa ini sebaiknya menggunakan alas kaki yang nyaman dan tidak licin, serta membawa minuman untuk mengatasi dahaga selama perjalanan.

Daftar Tempat Wisata Yogya di daerah Kaliurang  yang Wajib Anda Kunjungi ada setan
Goa Jepang

Goa jepang pada daerah kaliurang ini berjumlah 25 yang melingkari sisi-sisi bukit.Tertutupinya bagian luar goa oleh tumbuhan rambat serta kondisi dalamnya yang gelap dan pengap menimbulkan kesan goa yang alami dan unik. Bila wisatawan ingin mengetahui sejarah goa jepang lebih mendalam beserta kisah-kisah yang menyertainya terdapat jasa pemandu dan penyewaan fasilitas penerangan di depan pintu masuk pertama goa.

5. Museum Ullen Sentalu

Daerah kaliurang tidak melulu mengenai wisata alam terdapat pula Museum Ullen yang terkenal keistimewannya bahkan masuk sebagai museum terbaik Indonesia versi situs Trip Advisor. Terletak di Jalan Boyong, kawasan wisata Kaliurang. Museum Ullen sentalu menyajikan sejarah dan kebudayaan jawa yang kental, bahkan sudah terlihat dari arsitektur bagunannya yang klasik dan jawa banget.

Museum Ullen Sentalun

Bagai galeri seni, bagian dalam mesum ini menampilkan lukisan, kumpulan foto, arsip, alat musik tradisional, serta cerita-cerita bangsawan pada dinasti mataram, tidak ketinggalan batik dengan berbagai motif. Mungkin selama ini wisatawan banyak yang tidak mengerti makna dari berbagai motif batik yang mereka beli, di museum ini makna dari setiap corak tersebut akan dijelaskan secara gamblang berikut cara pembuatannya. Ruangan dalam museum ini saling terhubung dan berliku-liku disertai pencahayaan temaran semakin memperkuat keistimewaan museum ini.

Usai berkeliling menikmati keindahan museum wisatawan dapat mampir ke restouran Beukenhof yang berarsitektur kolonial dan dikelilingi pohon rindang sambil menikmati makanan khas eropa.

Artikel Wisata Holik Lainnya :

Scroll to top