Gumuk Pasir Jogja: Wisata sandboarding Pertama di Indonesia yang wajib Anda Kunjungi

Wisata Holik. Pernah membayangkan sebuah padang pasir yang hanya dapat ditemukan di daerah gurun seperti china, asutralia atau benua Afrika? Jangan salah, jika anda ingin merasakan sensasi gurun pasir, anda tidak perlu jauh-jauh ke luar negeri, cukup mengunjungi kota pelajar Yogyakarta. Salah satu spot wisata yang sangat keren adalah di Gumuk Pasir yang terkenal dengan olahraga Sandbaording.

Yogyakarta adalah sebuah kota yang selain kaya akan budaya, ternyata juga memiliki banyak sekali objek wisata, mulai dari pantai yang indah, candi berumur ratusan tahun bahan beberapa di antara sudah berumur hampir ribuan tahun, museum yang menyimpan peninggalan serta cerita sejarah, tidak ketinggalan pula berbagai bangunan dengan arsitektur serta interior yang unik dan menarik. Namun bagi wisatawan yang ingin mengunjungi objek wisata berbeda sekaligus menguji andrenalin maka wajib mengunjungi wisata sandboarding Gumuk Pasir Barchan. 

Siapa yang paling siap bermain pasir di wisata Gumuk Pasir harga tiket masuk wisata ekstrem
Gumuk Pasir Barchan -.tripadvisor.com. 

Keberadaan gumuk pasir barchan baru beberapa tahun belakangan ini diketahui oleh para wisatawan, mengingat bahwa negara Indonesia yang beriklim tropis, agak jangkal rasanya bila menemukan padang pasir, namun disitulah istimewanya Indonesia, terletak di seputar pantai parangkusumo Bantul Yogyakarta. Para wisatawan akan menjumpai padang pasir layaknya anda sedang berada di Amerika Utara yang disebut gumuk pasir barchan penggunaan gumuk berdasarkan bahasa jawa yang artinya undukan. 

Fotografi olahrga dan sport di Gunung Kidul
Kegiatan Berseluncur - jpswisata.com 

Ketika berada di gumuk pasir barchan, wisatawan akan disambut oleh hembusan angin pantai dan pola bergaris khas padang pasir yang menjadi favorit para fotografer. Sebelum bermain, wisatawan harus menyewa papan seluncur yang akan digunakan untuk meluncur dari gumuk pasir dengan ketinggian 5-15 meter. Dengan area selunjur beragam mulai dari jalur menurun yang pendek hingga yang tinggi dan curam, membuat wisatawan yang masih pemula dapat berlatih terlebih dahulu sebelum praktis pada ketinggian yang lebih ekstrim, namun bagi yang sudah berpengalaman dapat langsung meluncur dari ketinggian manapun.

Perlatan bermain Snowboarding di gumuk pasir Bantul
Papan Seluncur - lewatmana.com 

Adrenalin akan terpacu ketika wisatawan meluncur, berbelok-belok tak tentu arah, terjatuh dan berguling di atas pasir. Berbagai gaya pun dapat dilakukan mulai dari berdiri hingga duduk dipapan selunjur, hal ini yang membuat kegiatan sandboarding semakin menyenangkan. Ketika wisatawan berhasil sampai kebawah, maka di perlukan tenaga ekstra untuk kembali menuju tempat start, oleh karena itu selain olahraga ini akan memacu adrenalin juga sangat membakar kalori, sehingga dianjurkan bagi wisatawan untuk membawa air minum ketika akan bermain. 

Berseluncur bersama matahari terbenam 
Selain area meluncur, gumuk pasir barchan juga memiliki spot unik lainnya seperti ayunan, serta dekorasi cantik dengan bunga warna-warni yang sangat menarik dijadikan spot berfoto bersama keluarga atau pasangan. Sedangkan bagi wisatawan yang yang merupakan pengangum keindahan alam, mengunjungi gumuk pasir ketika pagi atau sore hari lebih disarankan, karena perpaduan antara matahari terbit atau matahari terbenam serta padang pasir yang terhampar dengan pola berkeloknya merupakan pemandangan magis yang sangat sayang untuk dilewatkan. Ditambah lagi pada waktu pagi atau sore hari cuaca dan suhu pasir tidak terlalu panas, sehingga wisatawan dapat nyaman bermain. 

Wisata memarik di Gumuk PAsir
Bermain ayunan bersama pasangan

Bila wisatawan memerlukan spot foto atau pembuatan video yang lain dari biasanya area gumuk pasir Barchan sangat di rekomendasikan, didukung oleh area yang jauh dari keramaian ditambah semilir angin serta terpaan sinar surya menjadikan hasil foto atau video anda akan semakin istimewa. Pada malam hari, beberapa spot di Gumuk Pasir juga direkomendasikan sebagai Camping Ground di Jogja. Anda akan terhibur dengan jutaan bintang di langit jika malam sedang tidak berawam.

Spot motret romantis di Gumuk Pasir
Berfoto setelah puas bermain pasir - instagram.com 

Lokasi Wisata Padang Pasir: Gumuk Pasir

Gumuk Pasir terletak di daerah bantul sekitar 30 km dari pusat kota Jogja ke arah selatan. Lokasi ini dapat diakses dengan mudah karena rutenya hampir sama dengan rute wisata pantai selatan yang sudah lebih terkenal, yakni parang tritis. Setiba di pantai selatan, anda harus mengambil jalur sebelah kanan ke barat tepat sebelum loket TPR pantai Parangtritis. Setelah belokan anda kan menyusuri jalan bersapal dan menemukan pantai Depok terlebih dahulu. Jika anda sudah berada di dekat gerbang pantai depok, belok ke kiri ke arah timur. Susuri jalan lurus dengan suasan padang pasir namun basih banyak terdapat tanaman pandan-pandanan, kemudian anda akan sampai di Gumuk Pasir. 

Artikel Wisata Holik Lainnya :

Scroll to top