Daftar Lokasi dan Tempat Wisata Pantai di Bima NTB

Wisata Holik - Bima merupakan sebuah kabupaten yang ada di Nusa Tenggara Barat. Bentang alam yang tersusun atas dataran tinggi dan dataran rendah menjadikan Bima memiliki wisata alam yang beraneka ragam. Kondisi ini tentu saja menjadi daya tarik bagi para pelancong yang bermaksud mengunjungi Bima.

Dari banyaknya wisata alam tersebut, Wisata Holik pada postingan kali ini akan menyajikkan lima pantai terindah yang wajib dikunjungi saat berada di Bima. Jadi, jangan ragu untuk memasukkan nama pantai-pantai ini ke dalam daftar destinasi wisata ketika Anda menjelajahi Bima, NTB.

Deretan 5 Pantai dengan Penorama Eksotis di Bima Nusa Tenggara Barat


1. Pantai Pink 

Bagi siapapun yang berniat untuk melakukan perjalanan atau berlibur ke NTB, sebaiknya memasukkan Pantai Pink ke dalam daftar destinasi wajib di Bima. Pantai Pink atau biasa juga disebut dengan Pantai So Dau memiliki daya tarik yang luar biasa, perpaduan yang apik antara pasir pantai yang bersih dan air yang sangat jernih akan membuat siapa saja betah berlama-lama di sana. Pemandangan ini tentu saja akan mampu menghipnotis Anda, sehingga siapapun tidak akan sabar belarut-larut menikmati keindahannya.

Pantai Pink terletak di Kecamatan Lambu, yang memiliki waktu tempuh sekitar 2 sampai dengan 2,5 jam dari Kota Bima. Untuk sampai di pantai ini, Anda akan melewati kondisi jalan yang cukup berat. Medan yang akan dilewati pun merupakan jalanan beralaskan tanah dengan tanjakan serta turunan yang cukup terjal. Namun, selama perjalanan, Anda akan dimanjakan dengan pemandangan hamparan sawah dan pegunungan di sisi kanan dan sisi kiri yang tidak akan membuat mata berkedip. Kondisi tersebut tentu saja akan mampu mengurangi rasa lelah saat harus menapaki jalan terjal menuju pantai Pink yang eksotis.

Pantai Pink via Instagram @wisatabima

Sekali lagi, Anda tidak akan rugi untuk mengunjungi Pantai Pink, karena pantai ini memiliki garis pantai yang panjang, ditambah lagi pantai ini termasuk pantai mblusuk yang belum banyak dikunjungi oleh wisatawan, sehingga Anda akan lebih leluasa bercengkrama dengan suasana setempat serta mengeksplore spot-spot cantik nan ciamik dari pantai yang berada di kecamatan Lambu ini. 

Hal lain yang perlu dicatat, Anda perlu membawa perbekalan secukupnya, karena pantai ini berjarak cukup jauh dari pemukiman penduduk. Selain itu, disarankan juga membawa kantung sampah yang akan di buang saat kembali dari lokasi obyek wisata, untuk tetap menjaga keasrian pantai Pink ini. 

2. Pantai Lawata

Pantai Lawata tentu bukan pantai yang asing bagi masyarakat Bima. Pantai yang terletak tidak jauh dari pemerintahan kota Bima atau sekitar 5 Km dari pusat kota ini menjadi primadona bagi wisatan lokal. Sama seperti pantai-pantai di Bima pada umumnya, pantai Lawata terdiri dari hamparan pasir putih dan air laut yang jernih. 

Di sisi kanan dan kiri, terdapat bebukitan berwarna hujau kontras dengan pemandangan yang sedemikian memukau, tentu kebahagiaan Anda akan membuncah karena seolah-olah disambut oleh elemen-elemen semesta yang tersenyum.

Pantai Lewata nampak dari atas

Pantai yang dikatakan sebagai pantai pintu masuk ini menjadi destinasi utama wisatawan pada umummnya, Pantai ini seolah mampu mewakili Bima yang memiliki sekian banyak objek wisata. Tidak hanya pinggiran pantai dengan semilir angin sepoi-sepoi, pemandangan gunung pun terlihat cantik saat berada di sepanjang pinggir pantai.

Pantai Lawata via instagram @wisatabima

Ketika mulai menapaki pasir putih pantai Lawang, Anda akan mudah menemukan berbagai fasilitas yang dibutuhkan oleh wisatawan. Hal ini dilakukan oleh pemerintah setempat sebagai langkah dalam memajukan tempat-tempat wisata Bima. Dengan demikian, Anda akan menikmati hembusan angin pantai Lawang yang sejuk dengan lebih seksama.

Selain itu, bagi para penikmat fotografi landscape, tempat ini bisa menjadi alternatif terbaik untuk menemukan objek-objek foto, tentu saja perlu ditunjang dengan kelihaian dan ketajaman dalam menemukan objek yang memukau.

3. Pantai Wane

Pantai Wane dapat menjadi pilihan yang tepat bagi wisatawan yang suka dengan suasana sunyi. Di tempat ini, masih jarang terlihat wisatawan pada hari-hari tertentu, namun sedikit ramai saat musim liburan tiba.

Pantai Wane via instagram @triyanaput

Pantai Wane berada di Desa Tolotangga, Kecamatan Monta, Kabupaten Bima, NTB. Sehingga, waktu tempuh dari ibu kota kabupaten Bima adalah sekitar 2 jam. Serupa dengan pantai di Bima lainnya, medan yang harus dilewati cukup terjal dan menantang. Maka, disarankan untuk hati-hati dalam berkendara ketika memasuki pedesaan hingga ke lokasi pantai Wane.

Selain menawarkan kesunyian khas pantai yang belum terjamah, obyek wisata ini merupakan bagian dari Samudra Hindia, sehingga Anda akan menemukan deburan ombak lebih besar dibandingkan dengan pantai lain yang ada di Bima.

Hamparan langit yang biru dengan gumpalan awan berarak serta pasir pantai yang putih turut menjadi daya tarik tambahan bagi wisatawan, tempat ini ssangat cocok didatangi oleh keluarga Anda. Tentu saja, putra-putri Anda akan senang jika dapat bercengkrama di sepanjang tepiannya, karena tempat ini dapat dijaadikan sarana bermain, berlarian hingga kejar-kejaran.

Setelah puas bermain bersama pasir dan air yang jenih, Anda juga dapat menikmati ikan hasil tangkapan nelayan lokal dengan harga yang cukup terjangkau.

Pantai Wane via instagram @yusmiani_mia

Pantai Wane memiliki daya tarik yang luar biasa sebagai daerah wisata, maka pastikan Anda memasukkan Pantai Wena ke dalam daftar destinasi wisata saat mengeksplore Bima, NTB.

4. Pantai Rontu

Pantai selanjutnya yang akan diulas adalah pantai Rontu. Setelah Anda bermain-main di pantai Wena, Anda dapat melipir ke Pantai Rontu yang tidak jauh dari pantai Wena, juga berada di Kecamatan Monta. Sama seperti Pantai Wane, Pantai Rontu termasuk pantai yang sepi pengunjung dengan deburan ombak besar khas Samudra Hindia dan pasir pantai yang putih bersih.

Pantai Rontu via Instagram @rahmanwibi

Dengan kekhasan yang disajikan oleh Pantai Rontu, Anda akan leluasa bermain di tepian pantai sambil meresapi luasnya Samudra Hindia. Dan tentu saja bagi Anda yang aktif di media sosial, view yang ditawarkan oleh Pantai Rontu pun sangat instagramable, sehingga foto-foto liburan Anda selama di Bima, khususnya di Pantai Rontu akan sangat berkesan dan tentu saja akan sangat cantik.

Pantai Rontu via Instagram @zharnd

Tunggu apalagi untuk menimkati Pantai Rontu bersama teman-teman atau keluarga untuk mendapatkan nuansa liburan yang tidak biasa dan sangat berkesan.

5. Pantai Lariti

Satu lagi pantai di Bima yang memiliki keunikan adalah Pantai Lariti. Banyak orang mengatakan bahwa Pantai ini mengingatkan pada kisah Nabi Musa. Karena pada pantai ini Anda akan disuguhkan oleh pemandangan laut yang seolah-olah terbelah menjadi dua.

Pantai Lariti via Instagram @kusuma_indicha

Pantai Lariti sendiri berada di Desa Soro, Kecamatan Lambu, Sape, Bima. Apabila air laut surut, maka Anda dan teman-teman akan dapat bermain di antara laut yang terbelah seeperti kisah yang terjadi pada nabi Musa.

Pantai Lariti cukup dikenal oleh wisatawan karena kekhasan yang dimilikinya. Maka, ketika Anda mengunjunginya pada hari libur, tentu akan banyak wisatawan lain yang juga berkunjung kesana. Jadi, Anda tentukan waktu yang tepat untuk dapat menikmati pantai ala kisah Nabi Musa di Bima ini.

Dari banyaknya pantai yang terdapat di Bima, tentu kami sangat merekomendasikan 5 pantai cantik NTB di atas. Selamat berlibur

Artikel Wisata Holik Lainnya :

Scroll to top