Daftar Nama Tempat Wisata Alam Terindah di Lombok

10 Daftar Nama Tempat Wisata Alam Terindah di Lombok 

Lombok merupakan bagian dari provinsi Nusa Tenggara Barat. Lombok sendiri terbagi menjadi 4 kabupaten, yaitu Kabupaten Lombok Barat, Kabupaten Lombok Tengah, Kabupaten Lombok Timur dan Kabupaten Lombok Utara. Pulau yang berada di wilayah timur Indonesia ini memiliki panorama alam yang memukau, sehingga bagi Anda yang akan mengunjungi Lombok, jangan sampai melewatkan kesempatan untuk menjelajahi sejumlah tempat wisata alam yang ada di Lombok.

Berikut ini Wisata Holik akan menyajikkan 10 destinasi wisata alam terindah yang ada di Lombok untuk para Holiker.

1. Gunung Rinjani
Gunung Rinjani dapat dikatakan icon bagi Nusa Tenggara Barat. Gunung yang masuk ke dalam deretan lima gunung tertinggi se-Indonesia ini, merupakan gunung vulkanik aktif yang memiliki keindahan alam yang mempesona. Sehingga, bagi Anda yang terbiasa melakukan pendakian, Anda wajib memasukkan Gunung Rinjani ke dalam rencana pendakian Anda selanjutnya. Anda tidak akan dibuat menyesal karena Rinjani akan memberikan Anda pemandangan alam yang sangat berkesan. Matahari terbit di antara gumpalan awan, hamparan pepohonan yang menjulang tinggi serta danau yang jernih menjadi beberapa view yang akan Anda nikmati selama perjalanan pendakian.

 Gumpalan awan di Puncak Gunung Rinjani via si_topa

Tidak hanya pemandangan kala siang hari yang memukau, Rinjani juga mampu memberikan pemandangan tak kalah berkesannya ketika malam hari. Fenomena milkyway menjadi salah satu hal yang paling ditunggu bagi para pendaki.
   
Suasana malam hari di Gunung Rinjani via gubagib

2. Gili Trawangan 

Trawangan merupakan pulau kecil/ gili yang paling besar diantara gili lainnya. Trawangan pun sudah cukup dikenal oleh para pelancong. Karena banyaknya aktivitas menarik yang dapat dilakukan selama berlibur di Gili Trawangan. Trawangan dikenal dengan pasir putih dengan air yang jernih pada pantainya, selain itu biota laut yang berwarna warni juga menjadi daya tarik tersendiri yang seolah-olah dapat menarik minat  Holiker menyelam di bawah laut. Tidak hanya itu, Gili Trawangan juga telah menyediakan berbagai fasilitas air lainnya untuk memanjakan para wisatawan selama menjajaki dan menikmati keindahan Trawangan.

Selain itu, suasana Gili Trawangan pun cukup bersahabat sehingga Holiker akan betah berlama-lama disana. Gili Trawangan telah mengantisipasi adanya kebisingan dan polusi, sehingga Anda tidak akan menemukan kendaraan bermotor di sana. Anda justru akan diajak bersepeda untuk mengelilingi Trawangan.

Pemandangan Gili Trawangan dari atas via ekabrilian

Selain itu, suasana Gili Trawangan pun cukup bersahabat sehingga Holiker akan betah berlama-lama disana. Gili Trawangan telah mengantisipasi adanya kebisingan dan polusi, sehingga Anda tidak akan menemukan kendaraan bermotor di sana. Anda justru akan diajak bersepeda untuk mengelilingi Trawangan. 

 Sunset di Gili Trawangan via jordhammond

Mengingat banyaknya minat wisatawan yang berkunjung ke Gili Trawangan, pemerintah setempat berupaya melakukan berbagai peningkatan guna memanjakan wisatawan. Seperti gambar yang satu ini senja di Gili Trawangan terlihat sangat unik dan tentu saja mengesankan.

3. Gili Kondo dan Gili Gosong 

Tidak hanya Gili Trawangan yang mampu menyajikkan hamparan laut yang eksotis. Di sebelah timur pulau Lombok, Anda akan menemukan Gili Kondo yang sunyi karena tidak ada penduduk yang bermukin di pulau kecil ini. Gili Kondo khusus dirancang untuk para wisatawan yang ingin menikmati suasana liburan yang berkesan. Di Gili Kondo, Anda tidak hanya dapat menikmati nyiur kelapa di tepi pantai, melainkan Anda juga akan diajak melihat keindahan alam bawah laut dengan snorkling.

Snorkling di Gili Kondo via iqbalsyah

Setelah puas bercengkrama dengan biota laut di Gili Kondo, Anda dapat melipir ke Gili Gosong untuk menikmati pulau berpasir yang berada di tengah laut. Panorama di sekitar Gili Gosong sangat menakjubkan karena Anda akan melihat gagahnya Gunung Rinjani diantara air laut yang jernih dan bersih. Berkunjung ke Gili Kondo tentu akan menjadi pengalaman yang tidak terlupakan bagi sejarah liburan Anda.

 Gili Gosong via hendrapratama

4. Gili Kapal

Pulau Lombok memiliki banyak gili yang sangat cantik. Satu diantaranya adalah Gili Kapal. Pulau berkomposisi pasir ini sangat istimewa. Karena berada di tengah laut, pulau ini sering timbul dan tenggelam. Namun, Anda akan dibuat takjub oleh jernihnya air laut sehingga Anda akan tergugah untuk menyelam dan bercengkrama dengan biota laut. 


Gili Kapal via justdewa

Kemudian, bagi Anda yang memiliki hobi memancing, Anda patut mencoba memancing di Gili Kapal ini. Memancing sambil menikmati panorama bawah laut tentu sangat berkesan bagi Holiker. Selamat mencoba!

5. Air Terjun Aik Nyet dan Air Terjun Tiu Tedja

Setelah puas mengunjungi Gili di bagian timur pulau Lombok, Anda dapat mengunjungi Lombok Barat untuk menikmati gemercik air terjun. Aik Nyet merupakan air terjun yang dingin, yang berada di dalam hutan. Anda akan dapat menikmati udara dan air yang segar di air terjun Aik Nyet ini. Perjalanan menuju air terjun ini juga ssangat indah, karena Anda akan melewati pohon-pohon tinggi khas hutan Indonesia Timur.

Air Terhun Aik Nyet via aryaryadi

Air Terjun Tiu Teja berada di Lombok Utara. Tepatnya berada di Desa Santong, Kecamatan Kayangan. Air pada air terjun ini berasal dari Danau yang berada di Gunung Rinjani. Air terjun ini dikenal juga dengan air terjun kembar karena adanya dua air terjun yang memiliki tinggi yang sama sehingga dikatakan sebagai air terjun kembar. Sama seperti air terjun pada umumnya di Lombok, ketika memasuki air terjun ini Anda akan disuguhkan oleh pohon-pohon yang menjulang tinggi. Terbayangkan betapa udara segar akan menyambut Anda dan menemani langkah Anda untuk menemukan air terjun ini.


Air Terjun Tiu Tedha via purwantojokoastriyo

6. Pantai Kuta

Mendengar nama pantai yang satu ini, tentu hal yang pertama Anda pikirkan adalah nama salah satu pantai yang ada di Bali. Pantai Kuta berada di Desa Kuta Kecamatan Pujut, Kabupaten Lombok Tengah. Sama seperti karakter pantai yang ada di Lombok, pantai ini akan menyuguhkan perpaduan antara pasir putih dan air laut yang jernih. Karena jernihnya air, Anda akan  dengan mudah melihat pemandangan bawah laut dari atas. Banyak aktivitas air yang dapat Anda lakukan di Pantai Kuta ini, karena fasilitas yang disediakan sudah cukup lengkap untuk memanjakan para Holiker. Jadi tunggu apa lagi untuk berkunjung ke Pantai Kuta Lombok.

Senja di Pantai Kuta via lalusunny

7.  Pantai Selong Belanak 

Satu lagi pantai indah di Lombok yang akan memukau para Holiker, ia adalah Pantai Selong Belanak. Pantai Selong Belanak berada di Kabupaten Lombok Tengah. Anda hanya perlu menghabiskan waktu kurang lebih 1,5 jam untuk sampai ke pantai ini dari Bandara Internasional Lombok. Mengunjungi pantai ini akan sangat menyenangkan bagi Anda, karena pantai ini termasuk pantai indah yang sunyi, sehingga Anda dapat dengan puas bermain-main di pantai yang indah ini. Pada bagian kanan dan kiri pantai ini juga Anda dapat menikmati panorama bukit dengan lebatnya pohon yang menambah eksotisnya pantai ini.

Pantai Selong Belanak via biyaso
Jika Anda mengunjungi pantai ini pada sore hari, pastikan Anda tidak melewatkan suasana sunset di pantai ini. Karena Anda akan mendapati pemandangan tenggelamnya matahari dengan hangat, diantara deru ombak Selong Belanak. Anda pun tidak perlu khawatir jika pulang terlalu malam, karena di dekat pantai ini tersedia tempat penginapan yang akan memudahkan Anda jika Anda berniat untuk bermalam. 

Senja di Pantai Selong Belanak viaheriarvin23

8. Pantai Seger

Jika Anda telah menyempatkan diri mengunjungi pantai Kuta, maka Anda sebaiknya mengunjungi Pantai Seger juga. Pantai Seger berjarak +/- 2 km dari pantai Kuta. Sesuai dengan namanya,  Pantai Seger mampu menyegarkan mata Anda karena hamparan pasir dan air yang jernih. Menghabiskan waktu di pantai ini tentu akan sangat menyenangkan bagi Anda dan keluarga yang berlibur ke Lombok.


Pantai Seger via kakisumpit

Selain wisata alam yang dapat Anda nikmati di pantai ini, pada bulan maret setiap tahunnya Anda akan melihat ritual yang dilakukan oleh masyarakat setempat, yaitu berburu cacing laut. Anda pun dapat turut berpartisipasi jika Anda berkenan. Jadi, berkunjunglah ke pantai ini pada waktu yang tepat untuk dapat memiliki pengalaman liburan yang berbeda dan menakjubkan.


 Lembayung di Pantai Seger via arya_keribo

9. Pantai Ampean

Berbeda dari pantai-pantai sebelumnya, yang letaknya berada di dalam desa, Pantai Ampean berada di pusat kota Mataram. Anda hanya memerlukan waktu 15 menit untuk dapat menikmati semilir angin dan deru ombak di pantai ini. 

Senja di Pantai Ampean via andra_photo
Karena letaknya yang berada di kota, maka fasilitas yang ada di pantai ini sudah lengkap, sehingga akan sangat memudahkan Anda sebagai pelancong yang hendak menjelajahi pulau Lombok.  Berkunjung pada timing yang tepat menjadi saran ketika mengunjungi pantai ini, misalnya ketika senja, Anda akan mendapatkan pemandangan senja yang memukau di pantai yang ada di kota Mataram ini.

10.  Pantai Nambung Sekotong

Pantai yang terakhir adalah pantai Nambung Sekotong. Pantai Nambung terletak di Dusun Pengantap, Desa Buwun Emas, Kecamatan Sekotong, Lombok Barat, NTB. Dari Kota Mataram, Anda hanya memrlukan waktu 2 jam untuk sampai ke pantai ini. Pantai ini berbeda dari pantai lainnya, karena karangnya yang besar dapat memunculkan air terjun asin ketika ombak menerjang. Suatu pemandangan yang tidak biasa bukan?.
Air Terjun Asin di Pantai Nambung Sekotong via budimbd

Selain itu pemandangan di pantai ini pun sangat menakjubkan, salah satunya adalah adanya kolam kecil di tengah air laut. Pemandangan ini menjadi salah satu pemandangan yang indah dan mengesankan bagi Holiker.




Artikel Wisata Holik Lainnya :

Scroll to top