Daftar Tempat Wisata Paling Menarik yang Harus Anda Kunjungi Ketika Berkunjung di Kabupaten Sinjai

Wisata Holik. Kabupaten Sinjai adalah salah satu kabupaten yang memiliki banyak pesona Wisata Alam yang patut untuk anda coba. Kota yang berjarak sekita 220 Km dari Kota Makassar melalui jalur Camba ini menyimpan segudang rahasia alam yang mungkin akan menjadi pengalaman unik anda ke kota yang memiliki somboyan “Sinjai Bersatu”. Bagi anda yang memiliki rencana untuk mengunjungi Kabupaten Sinjai, Berikut ini beberapa daftar tempat Wisata hasil liputan khusus dari tim Wisata Holik hanya untuk anda.

List Tempat Wisata di Kabupaten Sinjai - Sulawesi Selatan

Taman Purbakala Batu Gojeng – Sebagai pembuka bagi anda, tidak salah nya jika anda mengungjungi sebuah situs prubakala di pusat kota Sinjai yakng dikenal dengan nama Batu Pake Gojeng. Taan wisata purbakala yang berdiri di atas bukit ini menyimpan sejuta cerita mengenai kehidupan manusia purba di sinjai pada zaman batu. Di atas puncak dari bukit tersebut terdapat sebuah pemakaman yang terbuat dari batu, fosil kayu, peti mayat serta beberapa keramik yang ditemukan di tempat sekitar yang bearsa dari Dinasty Ming. Bagi anda yang tidak begitu tertarik dengan sejarah, pada bagian Wistaa juga di bangun taman-taman indah yang instagramable banget untuk anda yang terbiasa dengan kekinian.

Taman Purbakala Batu Gojeng tempat wisata indah paling menakjubkan super alami dan luar biasa inda putus dengan pacar


Rumah Adat Karampuang – Di Desa Tompobulu, kabupaten sinjai terdapat sebuah rumah adat Karampuang yang diyakini menjadi tempat pertemuan antara bangsawan suku Bugis (dengan gelar Puang) dan bangsawan asal Makassar (dengan gelar Karaeng). Keyakinan membuat nama dari tempat merupakan perpaduan dari kedua sebutan bangsawan Bugis-Makasar yang disebut Karangpuang. Rumah ini masih dijadikan sebagai pusat ritual tradisioanl ayng syarat makna terutama pada perayaan Maulid nabi Besar Muhammas SAW. 

Rumah Adat Karampuang Rumah panggung berhantu penuh misteri


Benteng BalangnipaBenteng Balangnipa terletak 1 km dari pusat Sinjai yang berada di kelurahan Balangnipa. Benteng yang sudah berdiri sejak tahun 1330 ini masih kokoh di kecamatan Sinjai Utara sebagai sejarah perjuangan Rakyat Sinjai dalam panji kerajaan Tellu Limpoe pada Perang Mangngara Bombang tahun 1859. Saat ini benteng menjadi cagar budaya yang menyimpan banyak peninggalan tentara Belanda dan juga Karemik dari china buatan abad 18.

Benteng Balangnipa wisata sejarah dan budaya cantik indah keren murah wisata jalan jalan


Pulau Sembilang – Lebih dari sekitar pulau yang berada di tengah laut, tepat dihadapan kota Sinjai terdadat gugusan pulau yang masih asri dan alami dengan warna laut Hijau kebiruan. Pulau Sembilan menyimpan banyak kekayaan wisata bahari seperti terumbu karang, resor wahana permainan air, spot diving dan juga tempat memancing ikan seru. Pulau ini dapat di tempuh melalui perjalan laut dengan perahu katinting selama 20 sampai dengan 30 menit.

wamin air daterumbu karang di Pulau Sembilang


Tempat Pelalangan Ikan Lappa – Anda suka makan seafood? Tempat pelelangan ikan Lappa atau TPI Lappa adalah salah satu pusat kuliner laut segar. Ikan yang baru saja turun dari perahu nelayan dapat langsung dinikmati di tempat. Pada TPI Lappa tersedia beberapa tempat untuk membakar ikan dan warung-warung yang menyediakan jasa bakar ikan laut. Tidak lupa salah satu sambal khas Sulawesi Selatan yang sangat serasi dengan Ikan bakar yakni cobe-cobe terasi. TPI lappa berada di kecamatan Sinjai Utara yakni 4 km dari pusat kota Sinjai.

Tempat Pelalangan Ikan Lappa ikan murah di sinjai


Hutan Bakau Tongke-Tongke - 7 Km dari pusat kota Sinjai ke bahagian timur terdapat sebuah desa yang dikenal dengan nama desa Tongke-Tongke. Desa ini adalah sebuah desa nelayan dengan luas hutan bakau yang sangat lebar. Dinatar hutan bakau di bangun dermaga dari kayu yang sangat panjang sehingga membelah bagian hutan. Pemandangan tentu saja sangat unik dan sayang untuk anda lewatkan terlebih luas hutan mangrove ini mencapai 786 hektar Are. 

Hutan Bakau Tongke-Tongke hutan bakau tongke yang idanh di sulawesi Selatan



Air Terjun dan Kolam Renang Permandian Baruttung – sekitar 25 Km dari kota Sinjai terdapat sebuah air terjun alami yang telah difasilitasi dengan sebuah kolam renang yang berada di Baruttung, kecamatan sinjai Selatan. Objek wisata alam ini memiliki panorama dan pemabdangan alam yang idanh diantara sawah berpetak yang membentuk sengkedan akan menjadi tempat yang sangat cocok bagi anda untuk melepaskan penat. Tidka sampai disitu, Baurttung juga menjadi sentar produksi Durian Otong, Manggis, Langsat dan juga Rambutan Lengkeng. Jadi tunggu apalagi?

Air Terjun Kembar – Dua buah air terjun dari sungai yang sama dengan ketinggian 50 meter cukup indah dan sejuk sebagai tempat melepaskan penat. Air terjun yang berada pada ketinggian 800 meter di atas permukaan laut ini menyajikan pemandangan alam yang indaj serta view yang luas dari ketinggian. Air terjun ini mengalir sepanjang tahun dari mata air pegunungan Bawakaraeng sehingga sudah tidak dapat diragukan lagi kesegarannya.

Air Terjun Kembar di sinjai wisata alam


Pantai Ujung Kupang – Pantai ujung kupang berada 15 km dari pusat kota Sinjai. Pantai dengan pasir putih yang panjang ini merupakan salah satu pantai Sinjai yang indah selain yang ditemukan di Pulau Sembilan. Hal yang unik, Ujung Kupang berada sangat dekat dengan Taman Mangrove Tonke-Tongke dan juga Pulau Sembilan. Jika anda berkunjung pada musim yang tepat, Pemerintah daerah Sinjai selalu melaksanakan pagelaran dan lomba Perahu Tradisional dan juga atraksi Budaya Ma’rimpa salo sebagai bentuk mesyukuran atas pemberian yang diberikan alam melalui hasil panen yang baik dan tangkapan ikan yang banyak.

Artikel Wisata Holik Lainnya :

Scroll to top