10 Objek Wisata yang Wajib Anda Kunjungi di NTB

10 Objek Wisata yang Wajib Anda Kunjungi di NTB

Bagi Anda yang berencana berlibur untuk melepaskan penat dari rutinitas sehari-hari, sebaiknya Anda merencanakan untuk menghabiskan waktu liburan Anda ke Nusa Tenggara Barat. Karena di provinsi inilah Anda akan dapat menikmati berbagai objek wisata yang berkesan bagi Anda. Tidak hanya kekayaan budaya, NTB mampu menyuguhkan objek wisata alam yang luar biasa indahnya, terutama bagi Anda penikmat pantai dan laut, Anda akan sangat dimanjakan oleh bentang alam yang mempesona. Kekayaan laut NTB tidak perlu diragukan lagi, Anda akan dengan mudah melihat kehidupan biota laut yang beraneka ragam. Tidak hanya laut, daerah pegunungan NTB pun sangat menggoda untuk dikunjungi. Pegunungan NTB mampu memberikan gambaran mengenai luar biasanya bentang alam NTB.  Berikut Wisata Holik akan merangkum objek wisata yang wajib Anda kunjungi ketika di NTB.

1. Pantai  Selong Belanak

Berkunjung ke NTB, Anda perlu menikmati suasana indah di Pantai Selong Belanak. Pantai yang tergolong sunyi ini akan mampu menghadirkan pesona pasir putih dan air laut yang jernih. Pantai Selong Belanak sendiri terletak di Lombok Tengah. Anda hanya memerlukan waktu 1,5 jam dari bandara internasional Lombok untuk sampai ke pantai ini.

Berselancar di Pantai Selong Belanak via yogielazuardi

Karena pantai ini cukup sepi pengunjung, maka pada waktu kunjungan yang tepat Anda akan dengan bebas mengesplore pantai ini.

2. Pantai Tanjung Aan

Selain memiliki pantai kuta dan pantai pink ketika Anda berada di NTB, Anda juga perlu mengeksplore pantai lain yang tersaji di NTB. Salah satunya adalah pantai Tanjung Aan yang terletak di bagian selatan Pulau Lombok. Destinasi wisata yang sunyi ini perlu Anda nikmati, karena Anda akan memperoleh kebebasan dalam menjajaki pantai ini. Panorama pantai ini pun cukup instagrammable, sehingga foto-foto di instagram Anda akan nambak bagus dengan setting panorama alam yang mempesona. 

Bermain ayunan di Pantai Tanjung Aan via 

Selain bermain pasir dan berfoto-foto, Anda akan dapat melakukan beragam aktivitas air di pantai ini. Karena ombak di pantai ini cukup aman, dan pada sore hari Anda juga dapat berselancar bagi Anda yang memiliki hobi berselancar. Selamat mencoba!

3. Pulau Kelapa 

Mengunjungi Pulau Kelapa di Bima NTB, akan mengingatkan Anda pada nyanyian pulau Kelapa. Karena panorama yang memukau ditambah nyiur angin akan menemani Anda ketika Anda mengunjungi pulau ini. Pulau Kelapa sendiri terletak di Sape Kabupaten Bima. Letak Pulau Kelapa ini cukup terpencil, sehingga pulau ini termasuk pulau yang masih sepi untuk dikunjungi. Di Pulau ini, Anda akan disajikan hamparan air dengan bukit hijau menjuntai, tentu panorama ini akan sangat memanjakan mata Anda.

 Pulau Kelapa via sisitimur

Selain itu, di pulau ini juga terdapat pantai, sehingga Anda akan dapat bercengkrama di tepi pantai bersama teman-teman dan orang-orang yang Anda sayangi di pantai Pulau Kelapa yang indah ini.

4. Danau Satonda

Satu lagi tempat wisata menarik yang  ada di NTB adalah Danau Satonda yang merupakan bagian dari Pulau Satonda. Danau Satonda terletak di Kabupaten Dompu, NTB. Danau ini sangat menarik, karena di bagian tepi danau ini, mata Anda akan dimanjakan oleh pemandangan bukit hijau yang menjulang dengan indah. Selain itu, hal menarik dari danau ini adalah danau ini memiliki perpaduan antara air tawar dan air asin.

Pemandangan Danau Satonda dari Atas via afiholle

Jika Anda mengunjungi danau ini pada waktu yang tepat, Anda akan mendapatkan pemandangan yang menakjubkan dan tentunya akan berkesan bagi Anda.


5. Gili Meno

Gili Meno dikenal dengan surge yang tersembunyi di Lombok. Gili ini memiliki luas yang lebih kecil dibandingkan dengan gili lainnya. Hal ini menjadi keuntungan sendiri bagi Anda, karena dengan kondisi yang demikian, Anda akan dapat menikmati suasana di gili ini dengan leluasa. Panorama air yang jernih akan menyegarkan mata Anda dan akan membantu menghilangkan penat Anda karena rutinitas sehari-hari.

Gili Meno via lombokexperience

Beragam aktivitas air juga dapat Anda nikmati di gili ini, karena fasilitas bermain air di gili ini sudah cukup lengkap . Anda juga dapat bersnorkeling di gili ini dan Anda bersiap-siap dibuat terkejut karena panorama bawah laut gili ini sangat indah dan menakjubkan.

6. Gili Trawangan

Nama Gili Trawangan tentu sudah tidak asing lagi, objek wisata ini sering disebut-sebut sebagai objek wisata yang mampu menghadirkan berbagai panorama yang menarik. Bagi Anda yang sudah menapaki NTB, sebaiknya Anda juga turut mengunjungi Gili Trawangan, untuk dapat memiliki pengalaman yang menakjubkan.

 Pemandangan Laut Gili Trawangan 

Gili Trawangan berada di barat Laut Lombok. Gili Trawangan merupakan bagian dari pulau di NTB yang memiliki panorama alam eksotis. Ketika berada di Gili Trawangan, Anda akan dapat mengeksplore pulau ini dengan nyaman, karena di pulau ini tidak terdapat kendaraan bermotor, yang artinya pulau ini bebas polusi udara. Sehingga Anda akan dapat menghirup udara segar di pulau ini sambil menikmati panorama memukau khas Gili Trawangan. Masyarakat sekitar umumnya menggunakan sepeda sebagai alat transportasi, Anda pun dapat mencobanya ketika hendak mengelilingi pulau indah ini.

Selama di Gili Trawangan, Anda akan dibuat takjub oleh pemandangan sekitar. Jika Anda mengunjunginya pada pagi hari, Anda akan dapat melihat perpaduan yang indah antara pasir putih dan air laut yang jernih, hingga kehidupan di bawah laut terasa dekat dengan Anda.

Bagi Anda yang penasaran dengan kehidupan biota air bawah laut, anda dapat juga menyewa peralatan snorkeling. Dengan menyelam di bawah laut, Anda akan dibuat terkesima oleh kekayaan laut Nusantara. Sangat Indah!

Snorkeling di Gili Trawangan via chelseamolloyxx

Namun, tidak salah juga apabila Anda mengunjunginya ketika sang surya hendak kembali ke peraduannya. Anda akan dapat menikmati panorama sunset yang menjadikan semesta berwarna keemasan, tentu ini akan menjadi pengalaman yang menarik bagi Anda.

Berkuda di Gili Trawangan via adityadot

7. Gili Layar 

Tidak hanya Gili Trawangan yang ada di NTB, Anda dapat pula menikmati pemandangan yang indah di Gili Layar. Sama seperti karakter gili/ pulau kecil yang ada di NTB, Gili Layar juga akan menyajikkan  hamparan pasir putih dan laut membiru yang luas.

Bermain Ayunan di Gili Layar via ditotriananda

Gili Layar memiliki area yang tidak terlalu luas, namun berbagai aktivitas air dapat Anda lakukan di sini, salah satunya snorkeling. Anda akan dapat menikmati keanekaragaman hayati laut di laut Gili Kondo ini. Biaya penyewaan alat snorkeling pun cukup terjangkau, tentunya ini akan menjadi satu keuntungan sendiri bagi Anda. Setelah lelah bercengkrama dengan biota air, Anda dapat mencicipi hidaangan khas NTB di tepi pantai. Banyak pedagang yang menjajakan makanan di sini, sehingga Anda tidak perlu khawatir jika tidak membawa perbekalan.

8. Air terjun  Tiu Kelep 

Tidak hanya wisata pantai dan air laut yang mampu dihadirkan oleh NTB, Anda juga akan dapat menikmati nuansa air terjun. Salah satu air terjun yanga ada di NTB adalah air terjun Tiu Kelep. Air terjun Tiu Kelep merupakan salah satu air terjun cantik yang ada di Lombok, karena air terjun ini mampu memberikan kesegaran dari airnya yang memancar dan kabut tipis yang menutupi air terjun.

Air Terjun Tiu Kelep via antoxerror

Memasuki air terjun ini, Anda akan melewati hutan rimba yang sangat meneduhkan. Walaupun ditutupi oleh pepohonan yang lebat, namun tidak menutupi keindahan pemandangan yang ada di hutan ini. 

9. Gunung Rinjani

Bagi Anda yang terbiasa mendaki gunung, Anda perlu memasukan Gunung Rinjani ke dalam daftar gunung yang wajib Anda daki. Pesona alam tidak saja ditampilkan pada saat Anda berada di puncak gunung, namun selama perjalanan menapaki gunung ini, Anda akan dimanjakan oleh hamparan padang rumput yang luas. Pada saat malam hari, Anda pun akan dapat melihat gemerlap bintang yang ada di langit gunung Rinjani, tentu sangat eksotis bukan.

Kabut di Gunung Rinjani via mherdiadi

10. Desa Adat Bayan 

Selain wisata alam yang dapat Anda kunjungi, NTB juga memiliki kekayaan budaya. Untuk dapat melihat kekayaan budaya yang ada di NTB, Anda dapat berkunjung ke desa-desa adat yang ada di NTB. Salah satu desa adat yang akan menampilkan kekayaan budaya NTB adalah Desa AAdat Bayan. Desa Adat Bayan terletak di Lombok Barat., tepatnya di Kecamatan Lingsar. Desa Bayat ini akan menunjukkan pada anda kekayaan tradisional masyarakat NTB yang bercorak Hindu dan Islam. Tidak hanya kekayaan tradisional yang dapat Anda nikmati di desa ini, desa ini juga memiliki kekayaan alam yang juyga dapat Anda nikmati ketika berada di desa ini.


Aktivitas Warga di Desa Adat Bayan via ekojulianda83



Artikel Wisata Holik Lainnya :

Scroll to top