Permandian alam Taretta di Kabupaten Bone Sulawesi Selatan

Permandian alam Taretta di Kabupaten Bone Sulawesi Selatan

Wisata HolikPermandian alam Taretta adalah salah satu alternatif wisata Sulawesi Selatan. Permandian alam ini tepatnya terletak di Desa Mampotu sebelum Sumpang Labbu, berada di sebelah kanan Jalan dari Camba sebelum tanjakan ke jalan Sumpang Labbu, kecamatan Amali Kabupaten Bone. Permandian adalah sebuah kolam besar dengan kedalam 1 sampai 2 meter yang memiliki sumber air dari mata air yang muncul di bawah pohon di pinggir kolam, tentu saja air dari mata air pegunungan sangat segar dan bersih

Wisata Mandi air di Taretta Bone desa Amali

Sumber Air Minum dan air bersih Penduduk Sekitar

Ada yang unik di permandian ini, Jika anda berkunjung kesana, anda akan menemui beberapa mesin air di area sekitar pinggir kolam. Mesin-mesin ini ternyata digunakan oleh warga sekitar untuk memompa air dari dari kolam untuk kerumah-rumah warga. Air ini tidak pernah surut dan digunakan oleh warga untuk keperluan sehari-hari. Karena air dari mata Air Taretta sangat segar dan bersih, air ini bisa langsung di konsumsi

Sumber Air Minum dan air bersih Penduduk Sekitar

Mitos Di sekitar Kolam Taretta

Menengok ke dalam kolam, akan ditemui beberapa ikan gabus, bahkan anda akan mandi bersama beberapa ikan nila yang oleh penduduk sekitar tidak boleh ditangkap apalagi dikomsumsi. Konon ikan-ikan tersebut sudah ada sejak dulu bersamaan dengan keberadaan ikan-ikan tersebut. Hal yang menjadi sangat mistis karena keberadaan ikan gabus tersebut tepat di bawah pohon beringin besar. Tetapi jangan khawatir, Kolam tersebut sudah sangat ramai oleh penduduk sekitar untuk bermain air, mandi dan berenang.

Wisata alam Teratta yang dipenuhi dengan mitos

Ada cerita mistis yang tersebar mengenai asal usul mata air tersebut, Konon dahulu kala di pohon besar yang menjadi sumber mata air tersebut ada seorang petani yang muncul. Kedatangan sang petani diawali dengan munculnya seekor ikan dan seekor udang. Berselang satu jam kemudian, ketika sang petani naik ke darat, petani tersebut meninggal begitu saja. Akhirnya penduduk sekitar takut untuk mengganggu ikan yang ada di dalam kolam tersebut. Cerita tersebut masih beredar hingga saat ini. Masyarakat sekitar tidak  mengkonsumsi ikan di kolam karena takut akan mengalami nasib sama dengan petani yang meninggal.

Kolam ari mata air yang tidak pernah kering di Bone

Namun jangan Khawatir, karena warga sekitar juga sering mandi di kolam air ini sehingga tidak masalah bagi anda yang ingin menikmati wisata air kolam alami di desa Amali. Selain airnya bersih, dingin dan indah tentu saja suasana sejuk desa akan menambah pengalaman anda menikmati Kabupaten Bone.