Menikmati Panorama Air Terjun Blang Kolam Lhokseumawe

Jalan-Jalan ke Wisata Aceh Air Terjun Blang Kolam Lhokseumawe

Wisata Holik - Membicarakan Wisata Aceh, sepertinya tidak akan pernah membosankan. Provinsi yang terletak di wilayah paling barat Indonesia ini menyimpan sejarah panjang. Mulai dari sejarahnya sebagai provinsi yang menjadi pintu masuknya bangsa lain ke Nusantara pada era penjajahan, kemudian menjadi provinsi yang berkomitmen menerapkan syariat islam dalam tatanan kehidupan masyarakatnya, selanjutnya konflik yang cukup panjang antara beberapa rakyat Aceh dengan negara, selain itu peristiwa besar yang sangat diingat tentang Aceh adalah adanya bencana alam tsunami yang terjadi pada tahun 2004 untuk mengingat peristiwa dahsyat ini pemerintah membangun museum tsunami di kota Banda Aceh. Menghadapi berbagai peristiwa yang silih berganti, pemerintah Aceh segera berbenah dan menata kembali provinsi tersebut hingga saat ini menjadi provinsi cantik yang sangat menarik untuk dikunjungi. 

Karena kaya akan sejarah dan kebudayaan, wisatawan yang berkunjung ke Aceh akan tertarik dengan berbagai bangunan bersejarah yang tersebar di Aceh. Namun, kondisi geografis Aceh menjadikan Aceh memiliki bentang alam yang mempesona. Pada umumnya, wisatawan yang berkunjung ke Aceh, akan mencari kota Sabang untuk menikmati berbagai panorama alam yang mempesona. Namun, tidak hanya Sabang yang menyimpan panorama alam yang mempesona, namun juga berbagai kota lain di Aceh. Salah satu kota yang juga menyimpan panorama alam yang mempesona adalah kota Lhokseumawe. Banyak panorama alam yang dapat dinikmati di Lhokseumawe, seperti air terjun Blang Kolam. 

Sejarah panjang yang terjadi di Aceh, memberikan pengaruh terhadap beberapa destinasi wisata di Aceh, termasuk pada air terjun Blang Kolam. Pada masa adanya gerakan Aceh, warga Aceh dilarang untuk berwisata di air terjun ini karena adanya baku tembak yang sering terjadi di sekitar air terjun ini. Kemudian, setelah tidak adanya gerakan Aceh, beberapa warga mulai mengunjungi lokasi wisata ini. Namun, air terjun ini sempat ditutup kembali karena dikhawatirkan adanya hal-hal terlarang yang dilakukan di lokasi wisata ini. Namun, karena warga telah mengetahui bahwa Aceh memegang teguh syariat islam, umumnya warga dapat menjaga diri dan hanya melakukan kegiatan wisata di tempat ini. 

Air terjun Blang Kolam menjadi daya tarik tersendiri karena air terjun ini cukup tinggi, yakni kurang lebih 75 meter tingginya. Selain kesegaran udara dan air yang mampu ditawarkan oleh air terjun ini, pemandangan hijau membentang di area sekitar air terjun ini. Sehingga ketika Anda berkunjung ke air terjun Blang Kola mini, Anda tidak akan jenuh karena beragam pemandangan indah akan dapat Anda nikmati. Untuk lebih spesifik, Wisata Holik akan membahas beberapa hal yang akan Anda butuhkan ketika Anda hendak menghabiskan waktu menikmati keindahan air terjun Blang Kolam. Beberapa hal ini diharapkan mampu membantu Anda yang belum pernah mengunjungi Lhokseumawe, atau air terjun Blang Kolam. 

Menikmati Panorama Air Terjun Blang Kolam Lhokseumawe

Lokasi dan Akses menuju Air Terjun Blang Kolam

Air terjun Blang Kolam terletak di Desa Sidomulyo, Kecamatan Kuta Makmur, Kota Lhokseumawe, Aceh Utara. Jika Anda berada di pusat kota Lhokseumawe, maka Anda dapat menuju Desa Sidomulyo via Cunda. Anda dapat menggunakan beberapa transportasi alternatif, seperti taksi, bus, labi-labi atau becak motor. Biaya yang perlu Anda bayarkan apabila menggunakan jasa transportasi adalah berkisar antara Rp 15.000 hingga Rp 50.000.

Namun, jika Anda berada di Banda Aceh dan ingin berkunjung ke Lhokseumawe, maka Anda dapat menggunakan pesawat atau bus menuju Lhokseumawe. Apabila Anda menggunakan pesawat, Anda akan sampai di Bandara Malikus Saleh, Lhokseumawe. Waktu tempuh menggunakan pesawat adalah sekitar 3 jam. Tarif harga tiket pesawat menuju Lhokseumawe adalah sekitar Rp 250.000-Rp 1.000.000. Selain menggunakan pesawat, Anda dapat menggunakan moda transportasi lain, seperti bus. Ada beberapa bus yang memiliki trayek Banda Aceh-Lhokseumawe dengan waktu keberangkatan yang berbeda-beda. Waktu yang diperlukan untuk sampai ke Lhokseumawe menggunakan bus adalah sekitar 5 jam. Sedangkan harga tiket bus berkisar Rp 50.000-Rp 100.000. Atau Anda juga dapat menggunakan kendaraan pribadi dengan arah menuju Desa Sidomulyo via Cunda.

Pada perjalanan dari pusat kota Lhokseumawe menuju Desa Sidomulyo, Anda akan dapat menyaksikan kehidupan masyarakat Lhokseumawe, mulai dari aktivitas warga, rumah-rumah penduduk, tempat ibadah dan destinasi wisata lain yang ada di sekitar pusat kota. Setelah menyusuri kota, perlahan-lahan perjalanan Anda akan memasuki daerah pedesaan. Karena seperti pada umumnya, lokasi air terjun terletak di dalam hutan rindang, maka hal tersebut juga berlaku bagi air terjun Blang Kolam. Namun, bagi Anda yang membawa kendaraan pribadi tidak perlu khawatir akan tersasar karena petunjuk jalan untuk sampai di air terjun Blang Kolam sudah cukup jelas. Selain via Cunda, Anda juga dapat menempuh perjalanan melalui Krueng Geukuh yang sama-sama menuju air terjun Blang Kolam. 

Memasuki Desa Sidomulyo, Anda akan dengan mudah menemukan lokasi wisata Blang Kolam. Bagi Anda yang membawa kendaraan pribadi, Anda akan dikenakan biaya parkir kendaraan, Rp 5.000 untuk motor dan Rp 10.000 untuk mobil. Dari lokasi parkir ini, Anda akan menapaki jalan setapak untuk sampai ke air terjun Blang Kolam. Namun, anda tidak akan menapaki jalan dengan alas tanah liat, melainkan akses menuju air terjun adalah menggunakan anak tangga. Cukup banyak memang jumlah anak tangga yang harus Anda pijaki untuk sampai ke air terjun, namun perjalanan Anda akan tetap mengesankan karena Anda akan menghirup udara segar khas hutan yang tak terjamah. Selain itu, Anda dapat menikmati pemandangan hijau khas hutan di sisi kiri dan kanan Anda. Namun, ada hal yang tetap Anda perhatikan, salah satunya adalah anak tangga menuju air terjun Blang Kolam sudah cukup lama, maka Anda perlu berhati-hati ketika menuruninya, terlebih jika kondisi setelah hujan. 

airt terjun perawan yang masih tersembunyi di Aceh

Wisata di Air Terjun Blang Kolam

Sama seperti destinasi wisata air terjun lainnya, Anda akan merasakan kenyamanan ketika mengunjungi air terjun Blang Kolam ini. Air terjun yang berada di dalam belantara, menjadi daya tarik untuk dinikmati keindahan pemandangan dan kesegaran airnya yang jatuh dari ketinggian. Walaupun harus menuruni cukup banyak anak tangga untuk sampai ke air terjun ini, namun itu semua akan terbayar ketika Anda dapat menyentuh air terjun Lhokseumawe ini. Di dekat air terjun ini Anda dapat menikmati dengan duduk santai di atas batu besar untuk menikmati kesegaran air terjun ini menyentuh kaki Anda. Bagi Anda yang hobby berenang, Anda dapat juga berenang di kolam air terjun ini tepat di bawah gemercik air terjun Blang Kolam ini. 

Bagi Anda yang menggemari fotografi, anda juga dapat menikmati keindahan air terjun ini dengan cara yang berbeda, yakni dengan berfoto. Namun, Anda perlu memperhatikan keamanan Anda dan peralatan yang Anda gunakan. Tidak hanya menikmati gemercik air terjun yang tingginya mencapai puluhan meter ini, Anda juga dapat menikmati kesegaran hutan yang masih alami di bagian kiri dan kanan air terjun Blang Kolam. Dari hutan tersebut Anda akan menemukan berbagai jenis tanaman belukar yang mungkin jarang Anda temui, apabila Anda berasal dari daerah perkotaan. 

Umumnya, masyarakat mengenal Lhokseumawe dari catatan sejarah bangsa ini. Diketahui bahwa di Lhokseumawe inilah Kerajaan Samudera Pasai berdiri. Kerajaan Samudera Pasai sangat populer karena Samudera Pasai merupakan kerajaan islam pertama yang berdiri di Indonesia. Kemudian, pengaruh kerajaan ini pun cukup besar, hingga kabarnya sampai ke sebagian besar wilayah Asia Tenggara pada masa itu. Ditambah lagi dengan era kejayaan kerajaan bangsa ini yang mampu mensyiarkan ajaran islam ke berbagai wilayah, menambah semakin mahsyurnya kerajaan Samudera Pasai dan Kota Lhokseumawe. 

Apabila dilihat pada gambar peta, Kota Lhokseumawe seperti pulau yang menjorok ke laut. Atau memang hal ini berkaitan juga dengan nama Lhokseumawe itu sendiri. Berdasarkan informasi dari berbagai sumber, diketahui bahwa nama Lhokseumawe berasal dari dua kata, yakni Lhok dan Seumawe. Dalam bahasa Aceh, Lhok berarti dalam, teluk atau palung laut, sedangkan Seumawe berarti pusat mata air. Apabila dikaitkan dengan geografis kota Lhokseumawe, maka pauan dua kata ini sangat sesuai sekali. Lhokseumawe sendiri berbatasan dengan selat Malaka di sebelah utara, di bagian selatan berbatasan dengan kecamatan Kuta Makmur, bagian barat berbatasan dengan kecamatan Dewantara dan di bagian timur berbatasan dengan kecamatan Syamtalira Bayu. 

Seiring perkembangan zaman, wilayah Aceh Utara berkembang cukup pesat. Hal ini dibuktikan dengan adanya berbagai industri di kawasan Aceh Utara, seperti Industri PT. Kertas Kraft Aceh (PT.KKA), PT. Pupuk Iskandar Muda, PT. Asean Aceh Fertilizer dan EXXON Mobil – Arun. Namun, berkembangnya berbagai industri ini mendapatkan kritikan, karena pada kenyataannya perkembangan industri belum mampu memberikan perubahan berarti bagi masyarakat lokal. Karena masih banyak masyarakat lokal yang bekerja dengan bercocok tanam di ladang atau menjadi pedagang. 

Bukan hanya bentang geografis dan perkembangan yang ada di Aceh Utara atau Lhokseumawe, yang menarik untuk diketahui, melainkan juga berbagai kebudayaan berkembang di masyarakat. Beberapa kebudayaan yang menarik yang dikembangkan masyarakat, seperti upacara adat bernafaskan islam, tari-tarian, serta hasil kerajian. Tarian Aceh memiliki kekhasan tersendiri, karena umumnya tarian Aceh diiringi dengan suara vocal berbahasa Aceh dan alat music khas Aceh, seperti rapai, serune kale atau canang. Sama seperti tarian khas daerah pada umumnya, tarian Aceh ditampilkan pada saat-saat tertentu, namun pada saat ini tarian Aceh juga dapat dinikmati pada berbagai pagelaran. Beberapa contoh tarian khas Aceh Utara diantaranya, Seudati / Saman, Rapai Pasai, Rapai Dabus, Rapai Lahee, Rapai Grimpheng, Rapai Pulot, Alue Tunjang, Poh Kipah, Biola Aceh dan Meurukon. 

wisata alami indah air terjun Blang Kolam di Aceh

Fasilitas Wisata di Air Terjun Blang Kolam 

Air terjun yang mulanya kurang diperhatikan ini, pada dewasa ini telah diperhatikan fasilitasnya oleh pemerintah. Beberapa fasilitas yang dibutuhkan oleh wisatawan perlahan-lahan mulai difasilitasi, beberapa fasilitas yang ada di air terjun ini, seperti adanya beberapa warung kecil yang menjajakkan makanan kecil dan minuman soft drink, ada pula toilet dan mushola. Berbagai fasilitas ini tentu saja akan memudahkan wisatawan yang berkunjung ke air terjun ini. Sehingga ketika Anda hendak berkunjung ke air terjun ini, Anda tidak perlu membawa banyak barang karena untuk menuju lokasi air terjun ini Anda membutuhkan banyak tenaga untuk menyusuri ratusan anak tangga dan jalan setapak. Maka, disarankan agar Anda membawa sedikit keperluan anda, karena fasilitas umum yang Anda perlukan sudah tersedia. 

Namun, jika Anda hendak berkemah di dekat air terjun ini, Anda perlu membawa perlengkapan sendiri karena belum terdapat penyewaan peralatan kemah di sekitar air terjun ini. 

Destinasi Wisata di sekitar Air Terjun Blang Kolam Lhokseumawe

Untuk lebih mengenal Aceh Utara, terutama Lhokseumawe, Anda dapat mengunjungi berbagai destinasi wisata yang ada di sekitar air terjun Blang Kolam. Memang destinasi wisata yang ada di wilayah ini tidak sebanyak yang ada di Banda Aceh ataupun Sabang, namun beberapa destinasi wisata yang ada di sekitar wilayah ini juga menarik untuk disinggahi. Beberapa contoh destinasi wisata yang ada di Lhokseumawe diantaranya: pantai Ujong Blang, Pantai Rancong, Pulau Seumadu, Waduk Pusong, Waduk Jeulikat, Taman Ngieng Jioeh, Taman Riyadhah, Lapangan Hiraq Lhokseumawe, Gua Jepang, dan yang paling populer di Lhokseumawe adalah Islamic Center Lhokseumawe. 

Pantai yang paling populer di Lhokseumawe adalah pantai Ujong Blang, di pantai ini telah tersedia beragam fasilitas olahraga seperti banana boat. Dengan uang Rp30.000 Anda dapat merasakan pengalaman berbeda di pantai ini. Di sekitar pantai ini juga telah disediakan beberapa spot foto, sehingga akan sayang untuk dilewatkan jika Anda tidak mengabadikan moment di pantai ini. Begitu pula dengan pantai Rancong, pantai ini juga menawarkan keindahan yang menarik. Maka, sangat disarankan bagi Anda yang tengah berada di Lhokseumawe, untuk mengunjungi berbagai destinasi wisata yang ada di Lhokseumawe. Karena saat ini destinasi wisata yang ada di Lhokseumawe sudah semakin indah dan memiliki fasilitas yang cukup lengkap. 

Namun, Anda tidak boleh ketinggalan untuk mengunjungi Islamic center Lhokseumawe, yang menjadi ikon Lhokseumawe. Apabila mengunjunginya pada waktu malam, Anda akan disambut oleh lampu-lampu cantik yang ada di area masjid agung. Dengan panorama waduk yang ada di sekeliling gedung, Anda akan memiliki pengalaman yang sangat berkesan. Maka, sempatkanlah diri untuk berkunjung dan beribadah di masjid agung Islamic center Lhokseumawe ini. 

Tips Kunjungan Wisata di Air Terjun Blang Kolam
  1. Perhatikan kondisi cuaca ketika Anda hendak mengunjungi air terjun Blang Kolam, karena jalan  setapak dan tangga menuju lokasi ini cukup licin, sehingga Anda perlu memperhatikan medan  yang Anda tempuh, alas kaki yang anda gunakan. 
  2. Pastikan Anda tidak membawa terlalu banyak barang menuju air terjun ini, karena Anda akan memerlukan banyak energi untuk menyusuri anak tangga menuju ke lokasi air terjun. Pastikan Anda membawa beberapa barang yang diperlukan saja.
  3. Anda perlu memperhatikan keamanan posisi Anda di area air terjun Blang Kolam, apabila Anda hendak bermain-main di area tersebut.
  4. Perhatikan kondisi dasar air apabila hendak berenang, untuk meminimalisir hal-hal yang tidak diinginkan ketika Anda berenang. Karena tidak jarang akan ditemukan batuan-batuan tajam yang dapat mencederai Anda.
  5. Jika anda hendak berfoto di area ini, perhatikan pijakan Anda agar tidak terjadi hal yang tidak diinginkan terjadi pada Anda atau peralatan yang Anda gunakan.
  6. Berwaspadalah dengan hewan yang berada di daerah lembab, seperti lintah. Walaupun Anda tengah keindahan air terjun Blang Kolam, namun anda perlu memperhatikan keamanan Anda.
  7. Tetaplah menjaga aturan adat yang dianut masyarakat sekitar, sebagai bentuk penghormatan Anda terhadap aturan masyarakat sekitar.
  8. Bagi anda yang masih ingin menikmati destinasi wisata lain yang ada di Lhokseumawe atau di wilayah sekitar Aceh Utara, maka Anda perlu mencari penginapan atau hotel yang ada di Lhokseumawe karena di area air terjun Blang Kolam belum tedapat penginapan. Beberapa hotel yang ada di Lhokseumawe, seperti Winton Hotel Lhokseumawe, female hotel Lhokseumawe, dan masih banyak lagi.