Hijaber Manis - Nonik Ajak Jalan-Jalan Ke Tempat Wisata Sejarah Banda Aceh

Cewek Aceh Cantik dan Manis Ajak Jalan-Jalan ke Wisata Sejarah Banda Aceh

Wisata Holik - Postingan ini adalah repost dari Postingan yang diupdate oleh Cewek Aceh Cantik, Nonik ketika jalan-jalan ke Banda Aceh. Postingan asli dapat di lihat di Blog pribadi dari Nonik di nounnique.wordpress.com. Kali ini Nonik akan berbagi cerita di Lima tempat wisata Aceh yakni (1) Pembangkit Listrik Tenaga Diesel (PLTD) Apung 1 ; (2)Masjid Raya Baiturrahman (3) Rumoh Aceh; dan (4) Pantai Ulee Lheue

#1. Pembangkit Listrik Tenaga Diesel (PLTD) Apung 1

Kapal (PLTD) Apung 1 adalah kapal yang pada awalnya memiliki fungsi sebagai Pembangkit listrik Aceh dengan kapasitas daya sampai 10.5 Megawatt. Namun musibah Tsunami Aceh yang telah menghempaskan 100 ribu jiwa telah menyeret kapal seberat 2.600 Ton ini ke tengah kota. Sat ini kapal ini dijadikan sebagai salah satu wisata sejarah yang mengingatkan akan musibah Aceh yang telah menjadi National Disaster.

kapal diatas rumah tsunami aceh  misteri kapal pltd apung

 pltd apung keajaiban dunia wisata tsunami  sejarah kapal apung

pltd apung aceh pltd apung amurang

museum pltd apung pltd apung punge

pltd kapal apung kapal pltd apung tsunami kapal pltd apung 1

pltd apung 1 december 2004 foto pltd apung

pltd apung banda alamat pltd apung banda aceh pltd apung punge blang cut jaya baru indonesia

#2. Masjid Raya Baiturrahman

Selanjutnya adalah Masjid Raya Baiturahman di Aceh yang sudah berdiri sejak 3 abad yang lalu. Masjid yang dibangun oleh Sultan Iskandar Muda yang bahkan tetap berdiri kokoh meskipun telah diterjang oleh tsunami. 

Nah bagi kalian yang akan berkunjung di tempat ini sebaiknya mengenakan pakaian Muslim yang baik karena ada area yang mewajibkan pakaian Muslim. Di pintu keluar Masjid ini tertulis "Selamata datang di Serambi MekkaH. Anda memasuki kawasan Wajib Busana Muslim selama Berada di dalamanya".

#3. Rumoh Aceh

Tidak jauh dari Kapal Pembangkit Tengah Diesel (PLTD) Apung I, ada sebuah Rumah Adat dari Masyarakat Aceh yakni Rumoh Aceh. Rumah ini terbagi atas tiga bagian utama yakni Seuramoë keuë (Serambi Depan), Seuramoë Teungoh (Serambi Tengah), dan Seuramoë likôt (Serambi Belakang), dengan satu tambahan Rumoh Dapu atau bagian Dapur. 

sejarah rumah adat aceh

denah rumoh aceh

rumah adat aceh dan keterangannya  lokasi rumoh aceh

#4. Pantai Ulee Lheue

Nah berhubung ini adalah jalan-jalan yang tidak pernah direncanakan dan semuanya mengalir bagaikan air, Jadinya hanya tempat-tempat wisata yang dilalui saja yang saya singgahi seperti kali ini adalah Pantai Ulee Lheue. Paknati ini berada di pinggir jalan dan ditandai dengan dengan banyak pedagang yang menjajakan makanan pada sore hari.

cewek cantik dan manis main Blog dan wisata pantai indah

Menikmati suasana sore di pantai Ulee Lheue paling nikmat dengan sebuah jagung bakar. Mengingat moem ini langka saya beranikan diri untuk mengambil foto-foto sendiri alias Selfie. Pantai ini adalah pantai yang memiliki banyak kenangan bagi aku yang besar di Aceh.