Wisata Kota Seribu Candi - Candi Ijo, Candi Plaosan dan Candi Ratu Boko

Wisata Candi Ijo, Candi Plaosan dan Candi Ratu Boko Bareng Blogger Cantik Ann Qanita

Wisata Holik - Berikut ini, Anna Qanita Hijaber Blogger yang ingin berbagai cerita ketiak berkunjung ke 3 Candi Istimewa di Jogja yakni Candi Plaosan, Candi Ijo, dan Candi Ratu Boko. Untuk mendapatkan kisah lebih lanjut mengenai candi silahkan kunjungi Blog pribadi dari Anna Qanita di nurqanitah.blogspot.co.id.

Baca Juga : Candi Borobudur

#1. Candi Plaosan 

Candi Plaosan adalah salah satu candi yang belakangan ini mulai terkenal. Ada banyak orang yang senang berfoto ini dan terbukti banyak foto selfie Instagram yang ada di Candi Plaosan. Candi Plaosan cukup dekat dengan Candi Prambanan jadi sangat sayang jika sudah berkunjung ke Canid Prambanan namun tidak lanjut ke Candi Plaosan. Untuk masuk ke candi ini dikenakan tarif 5000 rupiah per orang.

Selain Candi Plaosan, Candi ini juga di kenal dengan nama Candi Kembar karena Candi Utama dari Candi terdiri dari dua buah yang identik. Hanya Relief yang terlukis di dalam candi yang membedakan ke dua candi ini.

Ada yang unik dari Candi ini, Jika Candi Candi biasanya memiliki satu corak saja yakni Hindu atau Budha saja, Candi Plaosan memiliki sebuah Candi kecil yang memiliki Corak Budha padahal seluruh candi sendiri memiliki corak Hindu. Menurut Legenda, Candi ini merupakan perpaduan anatar Hindu dan Budha dimana Raja Rakai Pikatan sangat mencintai Pramudya Wardhani, meskipun hubungan keduanya tidak mendapatkan restu karena perbedaan agama dan budaya. Meskipun Ironoi, ada mitos kalau dua orang pasangan.

rute candi plaosan

fungsi candi plaosan

tiket candi plaosan

#2. Candi Ijo

Sekilas Candi Ini mirip dengan Candi Plaosan, Menurut informasi yang saya baca, Candi ini dibangun masih di era yang sama yakni pada masa Rakai Pikatan pada abad ke-9. Letak Candi Ijo berada di Atas Bukit yang bisa langsung melihat Bandara Adi Sucipto Yogyakarta di salah satu sisinya.

Candi yang juga mulai ramai di kunjungi oleh orang yang senang selfie dan pamer foto di Instagram. Harga tiket masuk ke Candi ini juga dipatok sebesar Rp. 5000 ditambah biaya parkir buat yang naik motor. Candi ini memiliki ruangan yang agak luas di bagian dalam. Beberapa jendela terletak di dingding Candi sehingga ruangan di Candi lebih terang.

asal usul candi ijo  rute candi ijo

misteri candi ijo  sejarah candi ijo

#3. Candi Ratu Boko

Candi Ratu Boko adalah Sebuah Keraton atau lebih tepatnya Komplek Keraton karena masih terlihat jelas ruang-ruang yang ada di Candi ini. Komplek Candi Ratu Boko terbilang cukup lebar dan luas sehingga untuk mengelilingi candi ini dibutuhkan waktu yang cukup lama. Belum lagi pemandangan Sunset yang sangat indah dari Candi sangat lah luar biasa. Aroma Pegunungan dan Sawah sangat indah ditengah hamparan sawah yang Asri akan membuat Pikiran para pengunjung menjadi lebih plong.